Tanya Dokter

  • Penyebab keluar darah saat hasil usg positif hamil

  •  Ayyu Lestari
    Anggota
    Malam dok .. 3 mnggu yg lalu saya di kasih resep sama bidan untuk minum obat cyclo progynova .. slama mnum saya barengi dg folavit tpi hanya 10x mnum saja folavit.a .. stlah obat.a habis 4 hari kmudian saya coba usg untuk melihat perkembangan rahim saya bagus atau tidak .. tapi dokter.a bilang ada kantong dirahim saya .. udah 5 week 3 day stlah usg pagi .. siangnya saya mengalami menstruasi .. pinggang saya pegal2 dn payudara saya trasa sakit dri sblum usg .. apa benar saya bisa dikatakan hamil tapi saya menstruasi .. karna hasil usg menunjukan ada kantong bayi di rahim saya .. trima kasih

    Hai Ayu Lestari

    Bila dari hasil pemeriksaan USG menunjukkan adanya kantung kehamilan dan hasil pemeriksaan tes pack positif maka hal tersebut sudah pasti menandakan kehamilan.  Namun pada saat hamil tidak akan terjadi menstruasi dikarenakan telah terjadi perubahan hormon saat hamil dan juga rahim telah mengalami perubahan dimana telah terjadi pekembangan janin di dalamnya. Darah menstruasi terjadi akibat pelepasan dinding dalam rahim (endometrium) bila tidak terjadi pembuahan. Saat terjadi pembuahan dan perkembangan janin di dalam rahim maka siklus menstruasi akan berhenti dan justru ini menjadi salah satu tanda awal kehamilan.

    Bila adanya perdarahan saat awal kehamilan, darah tersebut bukanlah darah haid. Beberapa kemungkinannya antara lain:

    • Perdarahan implantasi, yaitu saat masuknya sel telur yang telah dibuahi ke dalam dinding rahim. Perdarahan ini umumnya terjadi pada usia kehamilan kurang dari 4 minggu.
    • Perdarahan normal. Pada sebagian besar wanita dapat mengalami sedikit perdarahan saat usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Hal ini dikarenakan faktor hormonal dan perubahan leher rahim.
    • Keguguran, bercak darah biasanya cukup banyak disertai mulas dan nyeri perut.
    • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik).
    • Dan sebagainya.

    Sebaiknya Anda kontrol kembali pada dokter kandungan Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut informasinya:

    Apakah mungkin menstruasi saat hamil?.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william