Tanya Dokter

  • Wajah seperti kesemutan saat terpapar udara dingin

  • dokter, saya mau tanya. jika saya dari mengendarai motor, lalu cuaca agak dingin, maka di wajah saya terasa seperti ada bulu-bulu yang bergerak-gerak/ seperti semutan. tapi ketika saya kenakan masker, rasa seperti ada yang bergerak-gerak itu hilang. apa sebabnya ya dok?

    trims

    Halo. Baiklah akan saya jelaskan. Saat mengendarai motor, maka wajah akan diterpa angin yang menyebabkan sensasi dingin. Suhu yang dingin  yang menerpa wajah secara terus-menerus, dapat menegangkan saraf pada wajah. Sehingga dapat menimbulkan sensasi diwajah seperti kesemuatan. Krause, merupakan ujung saraf perasa pada kulit yang peka terhadap rangsangan dingin. Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sebenarnya parestesia adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan. Beberapa diantaranya yang dapat menyebabkan kesemutan diwajah adalah :

    • Bell's Palsy
    • Stroke
    • Neuropati Perifer
    • Penyakit saraf lainnya.

    Namun bila kesemutan tak hilang setelah wajah dihangatkan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian yang lebih luas; atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi kian sering; atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Karena hal ini dapat berdampak tidak baik. Pada keadaan yang parah dampak paling buruk akibat kondisi ini adalah kelumpuhan pada wajah anda, sehingga otot wajah sulit digerakkan untuk tersenyum atau tertawa.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S



    Suhu sangat dingin dari AC yang menerpa wajah secara terus-menerus, dapat menegangkan saraf pada wajah. Dampak paling buruk akibat kondisi ini adalah kelumpuhan pada wajah anda, sehingga otot wajah sulit digerakkan untuk tersenyum atau tertawa.

    Sumber asli: http://www.kinisehat.com/2016/08/bahaya-kipas-angin-kesehatan-cara.html