Tanya Dokter

  • Dosis insulin untuk penderita diabetes tipe 2

  • Siang dok . Saya mau tanya kalo pemberian insulin pada penderita dm tipe 2 itu dosisnya berapa dok? Saya pakai insulin yang novomix dox dan kalo pemberian dosisnya itu kan gak mungkin kalo di pakai semua, apa sisanya bisa di pakai lagi dok? Saya takut gk bisa di pakai lagi atau gk berfungsi . Kalo sehabis pakai bisa taro di kulkas lgi kan dok .

    Halo,   Pengobatan DM tipe 2 dengan menggunakan insulin memerlukan perhatian lebih pada dosis dan cara pemakaian obat insulin agar tidak terjadi komplikasi hipoglikemi pada penderita DM yang justru lebih berbahaya. Novomix merupakan salah satu insulin jenis rapid acting (bekerja cepat). Penggunaan insuli ada yang menggunakan :

    1. alat suntik biasa (spuit/syringe) yang akan mengambil insulin sebanyak dosis yang dibutuhkan dan kemudian disuntikkan. Biasanya dilakukan di RS dengan tenaga ahli .
    2. flexpen  yaitu alat suntikan yang berbentuk  seperti pen dan bisa diatur dosisnya dan mudah dibawa kemana mana. Insulin akan dimasukan kedalam pen tersebut dan saat digunakan hanya perlu dikeluarkan dari kulkas (bukan freezer) dan tunggu beberapa saat agar tecapai suhu ruangan dan kemudian bisa dilakukan penyuntikan sesuai dosis yang dianjurkan. Jarum pada flexpen bisa diganti setelah beberapa kali penggunaan.
    Penyimpanan insulin sebaiknya ditaruh dalam kondisi dingin (kulkas) namun bukan di freezer. Biasanya dosis insulin tipe rapid acting dimulai dari dosis 4 unit setiap penyuntikan dan dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari dan diberikan sebelum makan. Namun untuk sebaiknya Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter yang merawat Anda mengenai dosis insulin yang cocok untuk Anda. Target gula darah yang ingin dicapai pada Diabetesi adalah berkisar 70-140 mg%. Baca artikel DM dengan insulin. Baca topik panduan insulin pada penderita DM. Semoga membantu.   dr. Yusi