Tanya Dokter

  • Diabetes dan kaitan dengan sulit memiliki keturunan

  •  Manraj
    Anggota
    Dok sy manraj singh, sy diabetes apa ada kmungkinan buat sy punya kturunan?

    Halo Manraj, 

    Infertilitas atau kemandulan bisa disebabkan oleh pihak pria, wanita, ataupun keduanya. Khusus pria, pemeriksaan kesuburan umumnya dimulai dari analisis sperma, lalu bisa dilanjutkan dengan berbagai tes lainnya, misalnya tes hormon.

    Berikut adalah beberapa penyebab infertilitas pria :

    1. perubahan hormonal - misalnya kelenjar tiroid yang kurang aktif, peningkatan produksi hormon prolaktin, rendahnya produksi hormon FSH dan LH oleh hipofisis
    2. kondisi fisik - seperti varikokel, torsio testis, infeksi, penyakit genetik
    3. kombinasi kondisi fisik dan psikis - seperti impotensi, ejakulasi dini

    Impotensi merupakan salah satu komplikasi jangka panjang dari diabetes melitus yang tidak dikontrol. Perlu Anda ketahui, diabetes melitus tergolong sebagai penyakit kronik. Pengobatan diabetes bukan bertujuan menyembuhkan, melainkan mengontrol kadar gula darah sehingga tidak menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengontrol kadar gula darah Anda.

    Setelah kadar gula darah terkontrol dengan baik, barulah dokter akan mengevaluasi kembali status fertilitas Anda, yaitu dengan melakukan analisis sperma ulang. Anda bisa mendiskusikan permasalahan ini dengan dokter spesialis andrologi atu urologi.

    Demikian, semoga bermanfaat ya

    dr. Lili