Tanya Dokter

  • Pengobatan Diabetes

  •  Banyu Pradita
    Anggota

    Selamat siang dok,

    saya bayu umur saya 27 th. saya mau bertanya kemarin saya sempat dirawat dan hasil lab GDP 165 dan GPP 2 jam 175 dan saya disuntik lantus sebelumnya saya hanya minum obat tablet untuk diabetes saya. apakah selama saya harus di suntik Insulin Lantus?Terima kasih

    Salam,

    Kencing manis terdiri dari dua tipe, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Pada pasien Kencing manis dengan tipe 1, pasien akan mengalami gangguan produksi insulin sehingga tubuh mengalami kekurangan insulin untuk metabolisme gula darah.

    Sedangkan pada pasien kencing manis tipe 2, insulin tersedia dalam tubuh, namun tidak dapat digunakan secara baik oleh tubuh, sehingga gula darah meningkat dengan keluhan penyertanya.

    Kencing manis tipe 1 dikenal juga sebagai diabetes dependent insulin atau kencing manis yang tergantung dengan insulin dari luar untuk membantu metabolisme gula darah dalam tubuh, karena tubuh tidak dapat membuat insulin sendiri. Dengan demikian, pemberian suntikan insulin diperlukan selama produksi insulin tidak dapat dilakukan oleh tubuh kita.

    Beberapa pasien dengan faktor resiko kencing manis tipe 1 adalah :

    1. genetk

    2. usia muda

    3. kerusakan pankreas

    4. penyakit autoimun seperti pada penyakit tiroid

    5. genetik

    6. ras kulit putih

    7. infeksi virus

    Bila Anda merasakan keluhan yang tidak nyaman selama menggunakan insulin atau selama Anda menggunakan dosis yang diberikan saat ini, maka sebaiknya ANda berkonsultasi langsung dengan dokter penyakit dalam Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evalausi pengobatan yang sudah diberikan. Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan secara rutin sesuai rencana dokter Anda.

    Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari kelelahan fisik, menghindari stres, dan hindari rokok. Lakukan oleh raga rutin dan berpuasa akan membantu mengontrol gula darah Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga kencing manis.

    dr. Ulfi