Tanya Dokter

  • Penyebab utama dan pencegahan diabetes

  • Dok saya mau tanya, kalo diabetes itu penyebab utamanya apa ya? kemudian bagaimana cara pencegahannya agar tidak terkena diabetes

    Philipus Maheasa T  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Diabetes terbagi menjadi dua tipe, yaitu :

    • Tipe 1, lebih jarang terjadi, sering pada usia muda, akibat kerusakan sel pankreas (penghasil insulin). Penyebab terjadi nya tipe ini adalah kerusakan sel penghasil insulin di pankreas akibat terserang oleh sistem kekebalan tubuh yang mengalami disorientasi sehingga mneyerang sel-sel tubuh sendiri atau disebut autoimmune. Seringkali dikaitkan dengan adanya faktor genetik atau lingkungan yang berpengaruh, namun masih belumj elas.
    • Tipe 2, Lebih umum (80%), terjadi pada usia dewasa hingga lanjut, akibat produksi insulin berkurang atau kurang peka nya (resistensi) sel-sel tubuh terhadap insulin. Penyebab secara jelas nya tidak diketahui secara pasti, dikaitkandengan adanya faktor genetik dan lingkungan. Namun terdapat beberapa faktor resiko yang berkaitanerat dengan kemungkinan terjadinya diabetes pada seseorang, semakin banyak faktor resiko yang dimiliki, semakin besar kemungkinan akan terjadinya diabetes pada orang tersebut. Faktor resiko tersebut adalah :
    • Obesitas, berat badan berlebih. Terutama dengan tipe obesitas sentral atau pengumpulan lemak di bagian perut.
    • Inaktif, jarang melakukan aktivitas atau olahraga. Sehingga glukosa cenderung tidak banyak dibutuhkan oleh otot, dan akhirnya tersimpan menjadi lemak. dengan beraktivitas, sel-sel lebih aktif menggunakan glukosa, sehingga sel akan lebih sensitif terhadap insulin (mengurangi terjadi resistansi sel terhadap insulin)
    • Faktor keturunan, seseorang dengan orang tua atau saudara yang memiliki idabetes, memiliki resiko lebih tinggi.
    • Faktor usia, resiko mengalami diabetes meningkat seiring bertambahnya usia
    • Faktor ras/etnik. Etnik tertentu cenderung lebih mudah mengalami diabetes
    • Faktor penyakit lain seperti hipertensi (darah tinggi) dan atau kolesterol tinggi erat kaitannya dengan kejadian diabetes.
    Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi faktor resiko tersebut yang dapat dirubah, seperti obesitas, dan kurang aktif bergerak dapat dirubah.
    • Jika memiliki obesitas, lakukan diet dengan membatasi asupan kalori secukupnya, makan makan yang sehat, tidak tinggi karbohidrat, tidak tinggi gula maupun tidak tinggi kaloori. Target untuk mengurangi berat badan dengan perubahan pola makan dan olahraga
    • Lakukan aktifitas fisik terutama olahraga rutin, 3-5 kali seminggu selama minimal 30 menit dan kemudian dapat ditambah frekuensi dan lama nya. Olahraga seperti jalan cepat, jogging, lari, senam, sepeda, renang bagus untuk kesehatan tubuh.
    • Jika memiliki faktor resiko seperti ada keturunan, atau dengan usia lanjut maka sebaiknya melakukan cek darah rutin untuk mendeteksi jika terdapat peninggian kadar gula darah.
    • JIka memiliki penyakit lain seperti darah tinggi dan kolesterol tinggi maka dengan perubahan pola makan dan olahraga serta bantuan obat untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol.
    Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai diabetes di link dibawah ini: http://www.alodokter.com/diabetes/ http://www.alodokter.com/diabetes-tipe-1/ http://www.alodokter.com/diabetes-tipe-2/ http://www.alodokter.com/trik-mengakali-penyakit-diabetes http://www.alodokter.com/arti-tinggi-dan-rendahnya-kadar-gula-darah-dalam-tubuh