Tanya Dokter

  • Penanganan penyakit diabetes yang tepat

  •  Putra
    Anggota
    Dear Dokter, saya punya Ayah yang keras kepala.. ia tidak mau berobat ke dokter padahal ia punya Diabetes, pernah kami cek dengan allat gula darah mencapai 400an.. lalu sempat turun dan tdk prnh cek lagi bertahun tahun. ayah saya tidak mau berhenti merokok, dan ia bysny marah jika makanan favoritnya tdk dimasak/hidang sama ibu saya. ia suka makan manis, dsmcmnya... jujur dokter saya sudah tiga tahun tdk bertemu ayah saya... tapi kemarin saya bertemu kakinya berubah hitam namun tdk kering hitamnya seperti coklat yg gelap... saya baca di google itu krn pembuluh darah dikakinya mulai mati... mana lagi ada luka tertutup yg ktny lama sembuh... dokter hati saya lelah, ayah saya masih keras kepala... saya sbnrny jadi fikiran krn takut kaki ayah saya diamputasi... bagaimana dokter penanganan buat ayah saya... saya takut ia pergi lbh dulu sblm melihat saya menikah dn punya anak... saya minta tolong dok arahannya...

    Halo Putra, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Diabetes Mellitus atau sakit gula adalah salah satu penyakit yang kejadiannya cukup banyak di Indonesia. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang cukup ataupun tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menggunakan insulin dengan tujuan mengatur kadar gula didalam darah  sehingga gula darah selalu dalam keadaan tinggi. Jika memang ayah Anda sudah terdiagnosis dengan penyakit ini maka memang harus melakukan pengobatan yang rutin seumur hidup dan menjaga gula darah dalam keadaan normal. Tujuan dari pengobatan dari penyakit diabetes adalah bagaimana mempertahankan kondisi gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi. Selain itu perubahan gaya hidup sangat diperlukan untuk mengendalikan proses penyakit dan mengendalikan gejala-gejala dari penyakit ini yaitu dengan mengatur pola makan dari jenis,banyak dan waktu makan, berolaharaga secara teratur, berhenti merokok dan menghindari stres. Adapun komplikasi yang dapat terjadi pada penyakit ini adalah sebagai berikut: 

    1. Penyakit jantung
    2. Adanya gangguang fungsi ginjal
    3. Adanya kerusakan saraf 
    4. Kerusakan pada organ kaki. Hal ini disebabkan karena kurangnya aliran darah pada bagian kaki yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan, luka yang tidak kunjung sembuh dan dapat menyebabkan infeksi terus menerus. 
    5. Gangguan kulit
    6. Gangguan fungsi penglihatan

    Memang tidak mudah untuk meminta seseorang untuk melakukan pengobatan selama bukan dari keinginannya sendiri untuk sembuh. Namun, perlu diingatkan kembali dengan cara memberikan informasi mengenai penyakit diabetes, komunikasikan secara perlahan, dan dipikirkan juga melalui perantara misalnya melalui ibu, saudara atau teman dan kerabat dari ayah Anda. Semakin dini pengobatan dilakukan maka semakin baik untuk mencegah berbagai komplikasi yang ada. 

     

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi