Tanya Dokter

  • Diabetes dan tambal gigi

  • Dear alo dokter, Saya punya mama, umur 50 tahun dan memiliki penyakit diabetes basah dan badan gemuk berisi, beliau pernah luka dan lama sembhhnya dan menghitam dan pernah diperiksa ke dokter atas diabetes basah, semalam mengeluhkan sakit gigi , hal ini juga dipicu karena gigi beliau yang ditambal lepas tambalannya, sehingga tadi pagi beliau berencana bila gigi telah sembuh akan di tambal di ttukang gigi saja. Pertanyaannya dok, 1. Apakah berbahaya bila menambal gigi bila beliau memiliki diabetes? 2. Hal hal apa saja yang harus dihindari atau diwaspadai terkait kondisi medis diabetes inj dok? Demikian terimakasih sebelumnya atas jawabannya dok.

    Warm regards, Adriana

    Dear Felicia, Penderita diabetes rentan terkena berbagai penyakit gigi dan mulut jika kadar gula darahnya tidak terkontrol karena

    Dear Felicia, Penderita diabetes rentan terkena berbagai penyakit gigi dan mulut jika kadar gula darahnya tidak terkontrol dengan baik karena gula pada cairan ludah yang berlebihan merupakan tempat bersarangnya bakteri. Penambalan pada penderita diabetes merupakan tindakan yang aman dan perlu dilakukan segera, tetapi sebaiknya lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter gigi agar ibu Anda mendapatkan perawatan dengan tepat sesuai kondisinya saat ini. Beberapa tips yang dapat dilakukan :

    • Kontrol kadar gula darah secara teratur selain dengan obat-obatan yang diberikan dokter juga dengan melakukan pola hidup sehat seperti makan-makanan dengan gizi seimbang batasi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, olahraga ringan secara teratur serta memeriksakan kadar gula secara rutin (setiap 1 bulan sekali)
    • Menyikat gigi minimal 2 x sehari, pagi sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur
    • Periksa kesehatan gigi minimal 2 kali dalam setahun
    • Informasikan kondisi diabetes ibu Anda jika berkunjung ke dokter gigi
    Baca artikel terkait : Diabetes tipe 2 Semoga membantu, dr. Rievia