Tanya Dokter

  • Pengobatan tuberkulosis

  •  Tuan Muda
    Anggota

    Hallo dok, Saya di vonis dokter tb paru dari hasil rotgen dan sudah minum obat 1bulan,tapi seminggu yg lalu hasil BTA saya negativ,apakah dokter salah vonis?apa ada cara lain untuk mengetahui kita tb atau tidak? Tapi setelah minum oat bulan dada saya masih sakit2 dok.

    Halo, Tuberkulosis paru (TB paru) merupakan suatu penyakit infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Gejala Tuberkulosis Penegakan diagnosis TB paru, dilakukan melalui penggalian informasi tentang keluhan dan gejala klinis, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan tambahan seperti:

    • Pemeriksaan dahak untuk mencari Bakteri Tahan Asam (BTA) yaitu M. tuberculosis
    • Pemeriksaan foto rontgen dada
    Penegakan diagnosis TB paru tidak hanya didasarkan pada pemeriksaan sputum BTA. Jika didapatkan hasil BTA negatif, namun dari hasil foto rontgen didapatkan gambaran paru yang terinfeksi TB, maka diagnosis TB paru juga dapat tegak. Pengobatan tuberkulosis Pada pasien dengan hasil BTA awal positif, pada pengobatan 2 bulan pertama, diharapkan konversi sputum BTA menjadi negatif setelah melalui pengobatan 2 bulan. Hal tersebut menjadi target dari pengobatan TB paru. Jika masih terdapat keluhan sakit atau nyeri, sebaiknya Anda mengunjungi dokter kembali, untuk mengetahui apakah ada gangguan lain diluar TB paru yang Anda alami. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menambahkan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi. Demikian informasi yang dapat sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha