Tanya Dokter

  • diagnosa anjing rabies

  • Dok, saya mau bertanya hampir 2 minggu lalu saya digigit anjing peliharaan saya sendiri di bagian paha tapi nggak berdarah cuma memar.smpe saat ini blum disuntik. apakah berpotensi rabies dok? trus apakah saya harus menunggu gejala pda anjingnya dok untuk mndiagnosa apa berbahaya atau tidak ?

    Halo,   Semua gigitan anjing berpotensi menularkan rabies jika anjing yang menggigit memiliki virus rabies tersebut. Virus rabies menular melalui cairan liur anjing bisa melalui gigitan, jilatan pada luka terbuka dll. Jika anjing Anda belum divaksinasi rabies dan memiliki kemungkinan tinggi terinfeksi rabies maka Anda sangat perlu mendapatkan profilaksis rabies dengan menyuntikan serum anti rabies dan vaksin anti rabies. Anda bisa mengenali gejala rabies pada Anjing Anda atau langsung melakukan tindakan pengecekan ada atau tidaknya virus rabies pada anjing Anda dengan mengecek otak dari anjing Anda ke laboratorium. Gejala Anjing yang terinfeksi rabies antara lain adalah :

    1. Berliur banyak.
    2. Agresif.
    3. Menekuk ekor diantara kedua kaki.
    4. Menyukai tempat gelap.
    5. Mata merah.
    6. Tidak suka air / takut akan air.
    7. dll.
    Namun jika sampai saat ini anjing Anda terlihat sehat dan normal maka kemungkinan anjing Anda tidak terinfeksi virus rabies. Jika anjing Anda memiliki 2/lebih gejala diatas maka segera hubungi dokter hewan untuk memeriksa anjing Anda dan juga segera lakukan pemeriksaan diri Anda ke dokter. Konsultasikan ke dokter mengenai luka Anda dan dengan pemeriksaan langsung dokter bisa menilai perlu atau tidaknya pengobatan lain pada kondisi Anda. Baca topik Pengecekan jangkitan rabies. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Rah Putra Yasa  Rah Putra Yasa
    Anggota

    terimakasih infonya dok, sudah 2 minggu lewat sejak digigit anjing saya. dan anjing saya juga terlihat sehat dan masih menurut sma saya, makan juga lahap. luka gigitannya juga udah sembuh dan gak gatal di area lukanya dok. masih kah perlu untuk konsultasikan ke dokter dok?