Tanya Dokter

  • Pembengkakan pada buah zakar

  • Selamat Malam Dok, Disini saya mengalami pembengkakan di buah zakar sebelah kanan, setelah berobat dokter hanya melakukan infus selama 2 hari, hasilnya nyeri sudah hilang akan tetapi buah zakar tidak kempes masih dalam kondisi bengkak. Pertanyaan saya ada 2. 1. Apakah bisa kembali ke ukuran semula? 2. Apakah ada dampak dari ukuran yang tidak kembali normal? Mohon untuk diberikan jawaban atas yang saya alami. Terima kasih untuk Dokter yang sudah menjawab.

    Haloo Sdr. Richie,

    Orkitis adalah peradangan pada testis. Dapat terjadi pada satu sisi maupun keduanya. Seringkali penyakit ini disertai pula dengan peradangan pada epididimis, sehingga dikenal sebagai epididimo-orkitis. Penyebabnya dapat berupa virus, bakteri, hingga penyebab yang tidak diketahui. Faktor risiko dari penyakit ini diantaranya: berhubungan seksual yang tidak aman (adanya penyakit menular seksual), berganti-ganti pasangan, sering menderita infeksi saluran kemih berulang, dan komplikasi dari gondongan.

    Gejala orkitis sendiri meliputi pembengkakan yang nyeri disertai kemerahan pada satu/kedua testis. Dapat pula disertai dengan pengeluaran duh/discharge atau cairan abnormal dari kemaluan, demam, mual dan beberapa gejala lainnya. Pengobatan orkitis umumnya berupa antibiotika dan/atau obat antiinflamasi. Dengan pengobatan yang adekuat, umumnya orkitis dapat disembuhkan dengan baik. 

    Dalam pengobatan, umumnya perbaikan ditunjukkan lebih dulu dengan berkurangnya rasa nyeri. Pembengkakan kemudian akan berangsur-angsur mengecil dalam beberapa hari. Ketika dokter Anda mempertimbangkan Anda diperbolehkan pulang, maka beliau tentu memperkirakan bahwa kondisi Anda telah membaik. Jangan langsung khawatir mengenai pembengkakan yang masih ada karena umumnya penyembuhan sempurna bisa berlangsung lebih dari 1 minggu. Selama perawatan di rumah, ada baiknya Anda terapkan kompres dingin pada testis yang bengkak, lebih banyak beristirahat, dan lanjutkan minum obat (terutama antibiotika) yang dibekali pulang oleh dokter Anda sebelumnya. Selain itu, hindari dahulu hubungan seksual dan tetap jaga kebersihan area genitalia Anda.

    Pada beberapa kasus terutama pembengkakan yang terjadi pada kedua testis, bisa saja muncul komplikasi seperti atrofi testis (massa testis mengecil), infeksi testis berulang, hingga kemandulan. Meskipun demikian, kami tetap harapkan dengan berbagai saran di atas, Anda akan memperoleh penyembuhan yang cepat. Jangan ragu berkonsultasi kembali pada dokter yang merawat Anda sebelumnya bilamana belum ada perbaikan dalam jangka waktu tertentu.

    Demikian, semoga bermanfaat

    Terima Kasih