Tanya Dokter

  • Gejala positif Hepatitis dan cara menyembuhkan Hepatitis

  •  Nanie
    Anggota

    Selamat siang dok,

    Saya baru melakukan tes darah. Hasilnya HBsAg reaktif dan anti HBS non reaktif. Apakah itu berarti positif Hepatitis? apakah Hepatitis bisa disembuhkan dengan vaksin Hepatitis?

    Terimakasih dok..

    Hai Nanie, HBsAg atau Hepatitis B Surface Antigen merupakan pertanda infeksi virus Hepatitis B yang dpat dideteksi 2 minggu sampai 2 bulan sebelum adanya gejala klinik. Jika terdapat hasil pemeriksaan HBsAg yang positif maka hasil tersebut menandakan adanya infeksi hepatitis B yang aktif, akut atau kronik. Adanya infeksi virus hepatitis B dalam darah akan diikuti dengan peningakatan fungsi hati seperti SGOT,SGPT dll. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan ulang 3 sampai 6 bulan sejak awal pemeriksaan, jika hasilnya negatif maka dinyatakan sembuh namun jika masih positif maka dianggap penderita kronis hepatitis B atau pembawa (carrier). Pada penderita yang sedang mengalami infeksi hepatitis B yang akut akan mengalami gejala seperti lemas, mata kuning, dll namun pada penderita hepatitis B carrier tidak akan ditemukan gejala apapun walaupun di dalam tubuhnya terdapat virus Hepatitis B. Baik penderita hepatitis B atau pembawa sama-sama dapat menularkan virus hepatitis B ke orang lain. Infeksi virus Hepatitis B umumnya akan menimbulkan HbeAg. HbeAg terdeteksi setelah timbul HbsAg. Titer HbsAg dan HbeAg akan meningkat tajam pada saat infeksi akut yang menunjukkan sedang terjadinya replikasi virus. Serokonversi HBeAg menjadi Anti HBe merupakan pertanda bahwa infeksi telah teratasi dan menunjukkan bahwa daya infeksi sudah berkurang. HbeAg dapat dijumpai bersamaan dengan HBsAg dan biasanya disertai dengan HBV DNA dan DNA Polimerase. Pasca infeksi virus Hepatitis B, akan didapatkan pemeriksaan Anti HBc yang merupakan antibodi terhadap core yang terdapat pada sel hati. Dikenal 2 macam anti HBc yaitu IgM anti HBc dan anti HBc total. Waktu antara hilangnya HBsAg dengan terbentuknya anti HBS disebut dengan window period atau periode jendela yang bisa terjadi beberapa minggu, bulan atau tahun dan pada keadaan ini anti HBc IgM positif. Untuk mengetahui adanya infeksi virus hepatitis B bila HBsAg negatif dan AntiHBs negatif maka perlu dilakukan pemeriksaan anti HBc IgM. Pada pasien dengan anti Hbc total yang positif maka ada dua kemungkinan yaitu dalam keadaan infeksi aktif atau imun/sembuh.       <b>Anti HBS </b>adalah antibodi golongan IgG terhadap HBsAg yang timbul setelah terpapar virus hepatitis B atau setelah vaksinansi hepatitis B yang bersifat protektif. Oleh sebab itu anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam karena anda akan diberikan penjelasan mengenai pemeriksaan lanjutan yang harus anda lakukan untuk menentukan apakah saat ini anda sedang menderita hepatitis B atau kah anda seorang penderita hepatitis B kronik atau carrier. Dari hasil pemeriksaan yangh dilakukan akan ditentukan apakah anda membutuhkan pengobatan atau tidak. Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

    • Istirahat cukup minimal 8 jam dalam 1 hari
    • Memakan makanan bernutrisi
    • Meminum air putih minimal 2 liter dalam satu hari dan konsumsi banyak jus buah
    • Melakukan olahraga secara rutin agar daya tahan tubuh semakin kuat
    • Hindari makanan berlemak, masih mentah atau mengandung pengawet
    • Hindari berbagi alat-alat pribadi seperti sikat gigi, anting, dll
    • kurangi stress
    • Pastikan status kesehatan anda jika anda berenca auntuk hamil
    Anda dapat membaca diskusi dan artikel di bawah ini: HepatitisB HbsAg positif Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit      

    Nanie  Lola
    Anggota

    Alo dok.. Suami saya mcu dan hasil nya hbsag (+) dan Hbs (-) apa arti nya yaa