Tanya Dokter

  • Penyebab sakit kepala, demam, lidah pahit dan nafsu makan menurun

  • Selamat Malam Dok,

    Saya Aziz ,Pria berumur 19 Tahun. Sejak 1 hari yang lalu saya pusing, demam, pegal", serta nyeri di leher sisi kiri dan kanan. Selain itu, lidah saya warna putih dan nafsu makan menurun dok...
    Setelah minum Paramex, pusing dan demam sudah menurun. Namun, pegal", nyeri di leher dan nafsu makan masih kurang baik dok. Kira" bagaimana dok?

    Terima Kasih

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, adanya keluhan sakit kepala dan demam yang Anda rasakan, kemungkinan dapat disebabkan oleh gejala awal radang tenggorokan atau radang pada sistem organ lain. Pada awal radang tenggorokan, dapat disertai keluhan yang mengganggu, seperti demam, badan terasa capek, mudah lelah, sakit kepala, lidah pahit, perut tidak nyaman. Namun kondisi ini perlu kiranya dipastikan oleh dokter keluarga Anda secara langsung.

    Beberapa kondisi di bawah ini juga dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:

    1. penyakit tipus

    2. demam berdarah

    3. gastritis

    4. gastroenteritis

    5. rhiitis

    6. gangguan liver

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda atau dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan dan evaluasi keluhan yang Anda rasakan. Dokter akan memastikan penyebab keluhan ini,walaupun demam sudah berkurang. Pemeriksaan penunjang mungkin akan dilakukan untuk mendukung diagnosa seperti pemeriksaan darah dan pemeriksaan radiologi bila diperlukan.

    Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu anda lakukan adalah menghindari rokok, kelelahan fisik, atau tidur larut malam.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan.

    dr. Ulfi