Tanya Dokter

  • Diare disertai demam dan muntah

  •  anonymous
    Anggota

    Dok, beberapa hari lalu saya terkena diare. BAB saya encer, demam, dan muntah muntah. Setelah beberapa hari, BAB saya mulai mengeras, namun perut saya terasa penuh, mual, dan saat berjalan terasa seperti melayang. Menurut dokter apakah yang saya alami ini adalah hal yang wajar, dan obat yang disarankan dokter, terima kasih.

    Halo,   Tidak . Kondisi yang Anda alami tidaklah wajar. Kondisi keluhan perut yang Anda alami bisa disebabkan karena :

    1. efek obat diare
    2. Komplikasi akibat diare
    3. Defisiensi enzim pencernaan.
    4. Infeksi usus
    5. Ileus paralitik
    6. Gangguan elektrolit
    7. infeksi virus
    8. dll.
    Untuk mengurangi keluhan Anda maka Anda bisa melakukan beberapa cara yakni :
    1. Stop obat diare Anda.
    2. Makan porsi kecil, hindari makanan bergas tinggi seperti jahe, kol, asparagus, makanan instan, makanan berminyak, pedas dan asam.
    3. Minum probiotik
    4. Kompres hangat perut Anda
    5. Minum tambahan enzim pencernaan
    6. Tetap beraktivitas seperti biasa.
    7. Perbanyak sayur dan buah.
    Jika keluhan Anda tidak membaik atau disertai adanya gejala lain seperti nyeri perut yang tiba tiba, sulit kentut dan sendawa, dll segera hubungi dokter. Dokter akan memeriksa dan melakukan tes medis yang perlu secara optimal untuk pengobatan maksimal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi