Tanya Dokter

  • Solusi atasi diare dan rasa tidak nyaman di perut

  •  Lianita
    Anggota
    Pagi dok,saya kemarin mengalami sakit perut dan sempat diare tetapi saya minum obat New Diatabs nah tapi sekitaran usus dan perut masih ada rasa ga enak itu harus gimana ya dok ? Diare sih sudah tidak tetapi masih menyisakan rasa tidak enak di daerah perut dan pinggang...tolong infonya ya dok. Terima kasih

    Hai Lianita,

    Diare ditandai dengan keluhan bab dengan konsistensi cair yang melebihi 3x dalam sehari. Berbagai penyebab mungkin terjadi dan salah satunya adalah akibat masuknya virus atau bakteri, sehingga diare terjadi. Sakit perut adalah keluhan yang sering menyertai mengingat saat diare terjadi kinerja usus bertambah.

     Obat untuk menghentikan diare sering dianjurkan untuk mengurangi keluhan yang muncul, namun juga perlu diketahui sebab dari diare itu sendiri. Saat diare berhenti namun perut masih terasa melilit kemungkinan gangguan ini belum diobati secara tuntas. Periksakan ke dokter jika nyeri perut masih berlanjut disertai keluhan lainnya yang terasa mengganggu, agar Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai. Berikut ulasan tentang penyebab sakit perut.

    Lakukan tips berikut untuk mengurangi keluhan yang muncul :

    • Makan dengan porsi sedikit tapi lebih sering
    • Makan makanan yang mudah dicerna
    • Banyak mengkonsumsi air putih
    • Hindari minuman yang bercaffein dan beralkohol
    • Kompres handuk hangat pada area perut yang tidak nyaman

    semoga bermnafaat,

    dr. Tantya