Tanya Dokter

  • Apa anak saya menderita diare ataukah cacingan?

  •  Shava Zhee
    Anggota

    selamat siang dok,saya mau tanya anak saya umur 14 bulan,sedang mengalami diare atau cacingan ya dok?hari minggu kemaren bab cair bau busuk,dksih obt di bidan untk disentri trz fesesnya agak lumayan kental selang hari nya,ini malah tadi pagi bab 3 kali cair,,bau busuk kaya telur busuk,td malem dbwa ke doktr dikasih miratrim sama oralit tp td pagi kok malah bab 3 kali??gimana mnrt anda dok?

    Halo,   Diare adalah perubahan konsistensi bentuk feses / tinja menjadi lebih encer dan biasanya terjadi > 3 kali dalam 1 hari. Penyebab diare pada anak usia batita (< 36 bulan) tersering adalah infeksi virus, namun ada juga penyebab lain diare pada anak yaitu :

    1. Radang usus.
    2. Keracunan makanan.
    3. Kekenyangan makan.
    4. Infeksi bakteri / parasit/ virus.
    5. Terlalu banyak mengkonsumsi jus buah
    6. Alergi terhadap makanan tertentu.
    7. dll.
    Bau yang busuk pada feses bisa dikarenakan asupan makanan yang dikonsumsi, terjadinya gangguan pencernaan berat atau karena bakteri yang menyebabkan diare. Cacingan pada anak batita perlu dikonfirmasi terlebih dulu dengan melakukan tes medis yaitu tes analisa tinja untuk mencari sel telur cacing, jika ternyata ada maka pemberian obat cacing baru akan diresepkan sesuai dengan berat badan anak Anda. Untuk menangani diare pada bayi, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Memberikan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
    2. menjaga kebersihan tangan, alat makan dan makanan yang dikonsumsi.
    3. Berikan oralit, ASI dan sufor yang bebas laktosa.
    4. Cegah bayi Anda berkeringat terlalu banyak.
    5. Berikan makanan porsi kecil namun sering. Berikan makanan yang matang dan lunak.
    Diare akibat virus biasanya akan membaik dengan sendirinya dengan perbaikan kondisi tubuh. Sementara jika disebabkan bakteri maka pemberian antibiotik akan diperlukan. Jika bayi Anda menampakkan tanda dehidrasi seperti mata cekung, kulit keriput dan lemas serta sulit dibangunkan maka segera hubungi dokter untuk perawatan intensif. Semoga membantu.   dr. Yusi