Tanya Dokter

  • Diare disertai pusing dan panas

  • 3 hari lalu badan saya panas dan sakit kepala. BAB sangat cair, bahkan seperti air.

    Lalu hari ini, BAB saya encer tapi tidak seperti air, sakit perut, dan sehari BAB 3-4 kali disertai pusing. Tapi tidak muntah. Apakah saya kena diare atau kerancunan?

    Halo,   Ya Anda mengalami diare yang bisa saja disebabkan karena konsumsi makanan / minuman yang tercemar atau sebab lain. Diare merupakan perubahan bentuk/ konsistensi feses menjadi cair (tidak berbentuk) dengan frekuensi > 3 kali dalam sehari. Diare merupakan gangguan pencernaan yang bisa disebabkan oleh banyak sebab antara lain adalah :

    1. Keracunan makanan
    2. radang usus
    3. Virus/ Bakteri
    4. Stress
    5. Efek obat tertentu
    6. Kanker usus
    7. dll
    Baca topik Diare. Rasa pusing dan demam yang timbul paska diare bisa dikarenakan kekurangan cairan / dehidrasi akibat diare tersebut. Maka dari itu untuk menanganinya Anda sebaiknya banyak mengkonsumsi cairan seperti air putih, larutan oralit / pedialit dll. Untuk mengurangi diare dan menghilangkan gejala lain maka Anda bisa melakukan beberapa hal seperti :
    1. Minum obat diare seperti loperamid
    2. Makan porsi kecil
    3. banyak konsumsi air
    4. Jaga kebersihan makanan/minuman dan alat makan serta tangan
    5. Biasakan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah BAB.
    Diare akibat virus biasanya akan membaik dalam 2-3 hari, namun jika diare terus berlanjut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan secara seksama. Diare yang disebabkan bakteri / parasit akan membutuhkan penanganan dengan antibiotik tertentu. Pencegahan diare dan mencegah penularan diare bisa dilakukan dengan cara seperti :
    1. Mencuci tangan sebelum makan dan sesudah BAB
    2. Menjaga kebersihan makanan/minuman /alat makan.
    3. Memasak makanan hingga matang.
    4. Minum air matang.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi