Tanya Dokter

  • Diare disertai pengeluaran darah dari anus dan nyeri perut

  •  riramia
    Anggota

    Dok, sya mau tanya hr ini saya diare yg awalnya cukup banyak tapi cair. ada setidaknya 6 kali saya bolak balik. dan di diare terakhir ada feses saya cair bercampur dengan lendir merah dan perut sakit seperti mau haid (saat ini sya sdg tdk haid) gejala ini menandakan apa ya Dok? mhn info ya Dokter. terima kasih

    Halo riramia......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatanya anda alami saat ini berupa diare ( di mana mengarah ke yang disebut sebagai disentri / diare berdarah ), merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan encernya Tinja yang dikeluarkan, dimana frekuensi buang air besar menjadi lebih sering dibandingkan dengan biasanya.

    Pada umumnya, diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, ataupun parasit. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus dapat memanjang hingga berminggu-minggu.

    Jika sampai saat ini Anda mAsIh mengalami diare, sebenarnya obat anti diare yang dijual bebas di apotik dapat anda konsumsi sesuai dengan aturan pakai yang tertera di kemasan. Selain itu Anda juga disarankan untuk minum air putih minimal 2 Liter perhari, dan mengonsumsi makanan yang mudah telan terlebih dahulu seperti sop ayam atau bubur ayam.

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter jika kondisi diare Anda semakin memburuk dan Tubuh Anda semakin melemah, sehingga Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Cegahlah diare kembali terjadi dengan cara : cuci tangan sebelum makan, menjauhi makanan yang kebersihannya diragukan, tidak minum air Keran atau minum sembarangan, memisahkan makanan mentah dari yang matang, utamakan bahan makanan yang segar, simpanlah makanan dikulkas dan tidak membiarkan makanan tertinggal di bawah paparan sinar matahari atau suhu ruangan.

    Demikian penyelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

    DISENTRI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.Jati