Tanya Dokter

  • Mengatasi Diare Berlendir

  • Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, dan selamat malam dok. Saya ingin bertanya mengenai BAB yang sedang saya alami dok. Begini, kemarin pagi saya sakit perut dok. Karna saat malam saya tidak makan. Dan saya memiliki riwayat maag. Saat saya mengalami sakit yang cukup lama, lalu saya makan sambil menahan rasa sakit. Tak lama kemudian saya Diare dok. Mencet, dan harus keluar masuk wc. Makanan yang saya makan adalah tuday dengan campuran kecap lombok. Lalu siang hari nya, saya menggoreng sanggar cempedak dan minum kopi campur dancow. Setelah itu dok, saya tetap keluar masuk wc. Saat malam tiba, saya makan nasi dengan telur dadar di kocok dengan kecap. Dan saya menggoreng di minyak yang lumayan banyak. Saya makan nasi kecap dengan telur yang kebanyakan minyak tersebut. Dan rasa nya makin jadi diare saya. Setelah saya terus menerus keluar masuk wc. Saya diare di sertai dengan lendir dok. Jika bisa di hitung dari 100%, lendir yang keluar bersamaan diare saya sekitar 35%. Yang saya ingin tanyakan di sini dok, adalah... Apakah saya terkena penyakit yang beresiko? Atau bagaimana dok. Dan saya seorang ibu menyusui. Tolong di jelas kan dok, saya terkena penyakit apa? Dan bagaimana saya bisa mengatasi nya? Terimakasih dok, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Fitri_Wulandari  Fitri_Wulandari
    Anggota
    Dan 1 lagi dok, BAB saya tidak lancar seperti orang pada umumnya. Bisa sampai 5-6 hari saya baru BAB.

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    BAB yang cair dan dengan frekuensi yang meningkat lebih dari 3 kali per hari serta terdapat lendir di dalamnya dapat disebabkan oleh :

    • Infeksi bakteri
    • Infeksi amoeba
    • Infeksi parasit atau cacing

    Pada umumnya, kurang higienisnya makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat menyebabkan kondisi tsb. Selain itu, tangan yang kotor apabila dipergunakan untuk makan dapat menyebabkan kondisi serupa. Untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan feses lengkap. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Sementara itu, yang terpenting adalah mencegah timbulnya dehidrasi atau kekurangan cairan dengan tetap memberikan konsumsi cairan yang adekuat. Anda dapat meminum air putih atau cairan oralit sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasan oralit. Selain itu, hindari makanan pedas, berminyak, berbumbu, dan juga kotor untuk mengurangi diare yang terjadi.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti