Tanya Dokter

  • Diare dan muntah saat minum vitamin

  •  ane coneta
    Anggota

    Selamat pagi dokter,

     

    Saya mau bertanya saat ini saya sendang Hamil 5 bulan,

    1. saya lagi mengalami Diare  (lebih 4x dalam sehari) Apa ya dok obat yg baik untuk ibu hamil.

    2. Saya mau minum Vitamin untuk menunjang perkembangan janin tapi setiap saya minum obat selalu muntah, bagaimna ya dok apa ada masalah jika saya tidak minum vitamin sama sekali. tetapi dari awal kehamilan saya tidak ada masalah mengenai kehamilan hannya tidak bisa minum obat/vitamin saja.

     

    terimakasih

    Ane yang baik,

    diare merupakan kondisi dimana buang air besar terjadi lebih dari 3 kali sehari dengan konsistensi yang cair. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada ibu hamil. Diare paling sering disebabkan oleh infeksi saluran cerna karena konsumsi makanan yang kurang higienis. Namun penyebab lain diare juga mungkin terjadi seperti alergi terhadap makanan tertentu, efek samping obat-obatan serta stress psikis. Pada kondisi diare yang ditakutkan ialah dehidrasi dan gangguan elektrolit. Oleh karenanya langkah pertama penanganan diare adalah mengganti cairan yang hilang dengan minum cairan yang mengandung elektrolit seperti oralit. Penggunaan obat diare pada masa kehamilan harus sangat diperhatikan karena mungkin saja dapat menimbulkan efek samping kurang baik bagi bayi dalam kandungan.

    Untuk konsumsi vitamin, pada masa kehamilan dibutuhkan vitamin dan mineral seperti vitamin D, kalsium, dan asam folat serta zat besi. Namun demikian jika Anda masih mengalami mual muntah sehingga tidak dapat mengonsumsi vitamin, penting bagi Anda untuk mengonsultasikannya pada dokter kandungan apakah mual muntahnya masih termasuk dalam kondisi yang wajar, dan apakah diperlukan penyesuaian vitamin seperti zat besi yang memang mengiritasi lambung dan menimbulkan mual. Lebih jauh mengenai topik ini berikut kami lampirkan artikel mengenai vitamin dan mineral selama hamil. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief