Tanya Dokter

  • solusi untuk diare dan sakit perut

  •  Rholi Fandhe
    Anggota

    Malam dokter,,, saya teezar 35th, saya mau bertanya tentang penyakit saya ini. Perut saya sakit di sertai diare, di saat puk hanya air doang dok, gejalanya terjadi per 2 jam harus puk, tolong dokter kasih solusi atau pun pengobatanya y. Thanks

    Hai,   Diare pada umumnya bisa berhenti sendiri seiring dengan perbaikan kondisi tubuh. Tubuhlah yang akan melawan infeksi penyebab diare. Penanganan diare pada umumnya adalah mencegah komplikasi diare yang berbahaya yaitu dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan akibat pengeluaran cairan berlebih. Namun untuk meringankan gejala diare yang terjadi Anda bisa mengikuti beberapa saran seperti :

    1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, oralit / pedialit dll
    2. Makan lunak dalam porsi kecil. Hindari makanan yang terlalu merangsang usus seperti makanan pedas, asam , berminyak dan berlemak.
    3. Menjaga kebersihan makanan, minuman, alat makan dan tangan.
    4. Mencuci tangan sebelum makan dan sesudah BAB dengan sabun anti bakteri.
    5. Membersihkan jamban dengan cairan antiseptik.
    6. Minum obat pereda diare seperti loperamid. Loperamid dianggap mampu membuat konsistensi feses lebih padat dan mengurangi frekuensi BAB.
    7. Minum adsorbent seperti kaolin pektin untuk mengurangi frekuensi diare.
    8. Pemberian antibiotik bila dianggap perlu. Pada kasus Kolera dimana diare kadang hanya seperti air cucian beras (berwarna putih tanpa ampas) & disentri, dimana diare disertai lendir dan darah, karena penyebab adalah bakteri / amuba maka penanganan dengan antibiotik dianggap perlu untuk membantu mengeradikasi kuman penyebab diare.
    Diare adalah suatu kondisi dimana terjadi perubahan konsistensi bentuk feses menjadi cair dan frekuensi yang melebihi 3 kali dalam sehari. Diare bisa disertai dengan adanya rasa sakit perut, mulas atau bahkan kram perut. Kadang terdapat diare yang disertai adanya lendir dan darah yang bercampur dengan feses dan merupakan suatu kondisi diare yang berbahaya dan harus segera mendapatkan penanganan. Pada dasarnya penyebab diare tersering adalah infeksi usus akibat virus pada makanan / minuman yang terkontaminasi. Namun penyebab diare juga bisa dikarenakan : Diagnosis penyebab diare bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan tinja dan darah ke laboratorium. Kadang diperlukan juga pemeriksaan rektum dan colonoskopi. Penanganan diare adalah dengan memperbaiki sistem imun tubuh agar dapat mengeradikasi infeksi penyebab diare. Untuk mengurangi gejala beberapa hal bisa dilakukan agar tidak terlalu mengganggu. Pencegahan juga berperan penting agar tidak mengulangi diare dan mencegah penularan diare seperti :
    1. Mencuci tangan sebelum makan dan sesudah BAB/BAK dengan sabun antibakteri.
    2. Menjaga kebersihan makanan dan minuman serta alat makan dan tempat makan.
    3. Memasak makanan sampai benar matang.
    4. Buang makanan kadaluarsa.
    5. Simpan makanan di kulkas.
    6. Minum air matang yang telah dimasak.
    Semoga membantu.   dr. Yusi  

    Rholi Fandhe  Ziya Ziyara
    Anggota

    hal pak rholi, saya  ikut khawatir dengankesehatan anda, sekarang bagaimana apakah dairenya masih membuat anda harus bulak balik ke wc terus, ?? Hanya inginmeebantu saja, mungkin bisa anda bisa lakukanpeengobatan dneganobat ini, jika berhasil bis ahubungi saja . obat diare