Tanya Dokter

  • diare pada anak usia 15 bulan

  •  Mila Lausepa
    Anggota

    malam dok ... .dok ,,anak saya albiano (laki2) usia 15 bln sedang terjangkit ddiare semenjak harii jumat dok !! .kurang tau gmn gejalanya dok waktu hari jumat kmrn anaknya gejala awalnya muntah dr jam 11.00 sampai 15.00 muntah 6x lalu dr jam 15.00 smpi 17.00 mencret keluar lendirnya 4x dok .. .setlh itu sy bwa ke klilik kata dokternya mngkin saja disentri dok .. slth obatnya sdh sya minumkan smpiii skg perubahannya ank sy suda tdk muntah lagii tp mulai minggu mlm sering sekali mencretnya hnya air dok ... .seharian ini pun masii mencret dok dan herannya sya anak saya seharii ini blm kencing dok ?? .gmn y dok tlng dibantu penjelasannya dok !!

    Hello, Mohon maaf atas keterlambatan jawaban dari pertanyaan Ibu. Semoga saja anak Ibu sudah mendapatkan perawatan yang baik pada saat itu. Hal yang paling penting dan memerlukan perhatian yang cukup pada anak-anak yang mengalami mencret adalah jangan sampai anak mengalami kekurangan cairan atau yang disebut dengan dehidrasi. Jika anak Anda belum buang air kecil (BAK) merupakan salah satu tanda mengalami dehidrasi dan memerlukan perawatan segera. Dehidrasi dapat terjadi bila air yang keluar dari tubuh baik melalui buang air besar (BAB) atau mencret, muntah atau keringat lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bias terjadi pada anak yang mencret dan atau muntah banyak namun minum atau makannya sangat sedikit. Penanganan dehidrasi jauh lebih penting daripada mengobati penyebab diarenya. Berikut adalah gejala dehidrasi yang perlu diperhatikan, jika salah satu dari gejala ini mulai tampak pada anak Anda, segeralah dibawa ke dokter.

    1. Mulut kering
    2. Lemah
    3. Tidak mau minum
    4. Belum BAK selama lebih dari 8 jam
    5. Kulit kering
    6. Nafas dan denyut jantung cepat
    7. Tidak ada air mata jika menangis
    8. dan lainnya
    Anda dapat melakukan hal-hal dibawah ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada anak Anda:
    1. Berikan ASI jika masih menyusui
    2. Berikan oralit atau larutan gula garam
    3. Berikan makanan seperti biasa
    4. Jika menggunakan susu formula, gantilah susu formula dengan susu yang rendah laktosa
    Berikut adalah laman yang membahas mengenai dehidrasi : http://www.alodokter.com/dehidrasi Segeralah membawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Setelah dehidrasi dapat teratasi, maka dokter akan mulai memfokuskan pada mencari penyebab dan pengobatan diarenya. Karena sebagian besar penyebab diare pada anak disebabkan oleh infeksi virus dimana penyakit tersebut tidak membutuhkan terapi khusus dan dapat sembuh dengan sendirinya, diiringi dengan pencarian kemungkinan penyebab lain disamping virus melalui pemeriksaan penunjang. Berikut adalah laman yang membahas mengenai penanganan diare pada anak : http://www.alodokter.com/menangani-diare-pada-bayi Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean