Tanya Dokter

  • Mengatasi diare pada bayi

  •  Arief Mpu
    Anggota
    Dok, bayi saya umur 8 bulan, udah lima hari ini diare, batuk, demam. Udah saya periksa kedokter, tapi blm sembuh juga. kasian beratbadannya turun,gimana solusinya dok. Bayi saya umur 8 bulan tapi berat badan sekarang cuma 8kg

    Halo Arief.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, diare merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika frekuensi buang air besar melebihi dari frekuensi buang air besar normalnya, dan Tekstur dari Feses cenderung cair.

    Diare pada bayi sendiri dapat disebabkan oleh karena banyak hal, diantaranya adalah : terlalu banyak mengonsumsi jus buah, infeksi mikroorganisme tertentu seperti virus/ bakteri/parasit/ jamur, alergi terhadap makanan atau obat obatan tertentu, kerajaan makanan, dan lain sebagainya.

    Kami sangat menyarankan kepada Anda agar membawa bayi Anda mengunjungi Rumah Sakit, agar dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut, karena diare dan juga demam yang dialami belum kunjung Mereda walaupun sudah dilakukan penanganan oleh dokter sebelumnya.

    Cegahlah diare pada bayi kembali terulang dengan cara : cuci tangan bayi secara rutin terutama setelah bermain, orang dewasa yang merawat bayi juga harus menjaga kebersihan tangan, jaga lantai dan barang yang dipegang bayi selalu bersih, jaga kebersihan alat minum dan makan bayi, perhatikan kebersihan makanan dan minuman bayi.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati