Tanya Dokter

  • Penyebab sulit BAB

  •  Nink Zee
    Anggota
    Sore dok.. Saya mau bertanya, perut saya mules tp pas bab keluar air sedikit dan tdk lama tinjanya keras. Kadang jg gk keluar pdhl sdh mengejan. Itu knapa ya dok, ini menyiksa saya. Mohon dijawab. Terima kasih.

    Definisi diare adalah kondisi dimana terdapat perubahan konsistensi BAB (menjadi cair) dan frekuensi BAB (menjadi sering, lebih dari 3x sehari), jadi bukan seperti yang Anda keluhkan. Sedangkan tekstur tinja dan keras dan sulit buang air besar yang Anda alami disebut dengan konstipasi atau sembelit. 

    Tiap pengidap bisa mengalami konstipasi dengan tingkat keparahan berbeda-beda. Ada yang mengalaminya untuk waktu singkat dan ada juga yang jangka panjang atau kronis. Konstipasi kronis biasanya menyebabkan rasa sakit, mulas dan tidak nyaman yang bisa memengaruhi rutinitas sehari-hari.

    Penanganan pertama untuk konstipasi yang adalah memperbaiki pola makan dan gaya hidup, terutama peningkatan konsumsi serat. Tingkat kecukupan serat yang terkandung di dalam asupan makanan, seperti buah, sayur, serta gandum, akan berdampak pada kelancaran sistem pencernaan.

    Selain serat, ada juga beberapa langkah lain yang berguna dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Langkah-langkah sederhana tersebut adalah:

    • Memperbanyak konsumsi air putih sehingga terhindar dari dehidrasi.
    • Hindari kafein.
    • Meningkatkan frekuensi olahraga, misalnya lari pagi atau sore tiap hari.
    • Jangan biasakan menahan/mengabaikan keinginan untuk buang air besar.
    • Coba letakkan lutut Anda pada posisi lebih tinggi dari pinggul pada saat buang air besar, misalnya saat duduk di toilet gunakan bangku kecil untuk meletakkan kaki.

    Apabila langkah penanganan awal secara alami kurang efektif, dokter umumnya akan menganjurkan penggunaan obat pencahar. tentunya Anda haru sberkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penggunaannya.

    Salam,

    Dr. Siti Rahmayanti