Tanya Dokter

  • Anak diare sudah 4 hari namun tidak kunjung sembuh

  • Dok saya mau tanya anak saya diare udh dr hr minggu,snin sore saya kdktr anak smpe hr rabu ini gk ada perkembangan dok,gimana ya apa saya hrs bwa ke rs lg?lemas gk bgtu lemas dan anak saya ngerasa haus trs,makan cuma mau 3 suap,susunya bebelac saya encerin tp msh aja diare dok.trimakasih.

    Mifta yang baik,

    diare terjadi oleh karena penyerapan air di usus besar tidak berjalan dengan baik. Kondisi ini bisa terjadi ketika gerakan usus terlalu cepat sehingga setiap makanan dan cairan yang masuk ke usus, langsung dibuang melalui buang air cair. Tidak hanya itu, cairan dalam tubuh pun dikeluarkan ke dalam rongga usus. Dengan demikian, risiko yang paling ditakutkan pada diare ialah timbulnya dehidrasi. Adapun kondisi penyerapan yang terganggu ini bisa terjadi paling sering oleh karena infeksi saluran cerna. Sebab berikutnya ialah terjadinya alergi makanan pada saluran cerna, misalnya ketika anak baru diganti makanan atau susu formula. 

    Dalam penanganan diare, yang terpenting ialah mencegah komplikasi utamanya yakni dehidrasi dan gangguan elektrolit. Diare dapat dibiarkan sebagai mekanisme untuk membuang bakteri/virus yang ada, selama anak masih mau mengonsumsi cairan. Berikanlah cairan yang mengandung elektrolit yakni oralit. Bila oleh karena penyakitnya anak menjadi mual dan tidak bisa mengonsumsi cairan, maka penting bagi Anda untuk membawa anak Anda untuk dirawat di rumah sakit dan mendapatkan asupan cairan melalui jalur infus. Berikut kami lampirkan artikel mengenai diare. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief