Tanya Dokter

  • Penanganan utuk cakaran serta gigitan monyet dan kemungkinan terkena rabies

  •  hinata hyuga
    Anggota

    Sore dok, saya mu tanya dok.. Kemarin sabtu 4 Nov 17 saya dan teman pergi belibur ke bali ". Disana Saya dicakar monyet di bagian jidat dan teman saya digigt di bagian tangan. Setelah itu kami pergi ke bagian pengobatan dan hanya di bersihkan kemudian dikasih obat betadin,, Saya sempat bertnyaa kepada ibu tersebut (bagian pengobatan) apakah memungkinkan terkena rabies?? dan si ibu menjawab tidak, karena monyet disanaa bebas rabies. Tapi sampai sekarang saya masih penasaran dengan luka di jidat sayaa apalagi tangan teman saya yg digigt.. yang harus saya lakukan apa ya dok?? Saya dilanda kekhwatiran terus.,Terimakasih ya dok

    Hai

    Rabies terutama ditularkan oleh anjing yang terinfeksi melalui gigitan yang dalam, namun hewan lain juga dapat menularkan rabies, misal monyet, kelelawar, kucing, dan sebagainya. Penularan rabies melalui hewan seperti monyet sebenarnya sangat jarang terjadi dan bila hanya cakaran bukan luka yang merupakan risiko tinggi dari penularan rabies. Sedangkan gigitan hewan yang berisiko tinggi menularkan rabies antara lain:

    • Gigitan dalam.
    • Gigitan dalam jumlah yang banyak.
    • Mengenai daerah leher dan kepala.
    • Mengenai mukosa, misal mulut, hidung, kelamin.

    Tidak semua gigitan anjing atau hewan memerlukan tindakan suntik VAR (vaksinasi anti rabies)/SAR (serum anti rabies) segera. Hanya gigitan berisiko tinggi, anjing dicurigai menderita rabies, atau hilang yang memerlukan penyuntikan VAR/SAR segera. Luka yang risiko rendah seperti gigitan dangkal, tidak lebih dari satu, hanya lecet, maka tidak memerlukan penyuntikan VAR/SAR segera. Umumnya penularan rabies adalah melalui gigitan anjing liar dimana anjing tersebut sudah pernah tergigit juga oleh anjing liar lain yang terinfeksi rabies. 

    Berikut diagram penanganan rabies setelah gigitan hewan dapat Anda simak pada gambar berikut: Pertolongan pertama yang dapat dilakukan setelah tergigit hewan/anjing adalah mencuci luka tersebut dibawah air mengalir dengan sabun minimal selama 15 menit, lalu membersihkannya dengan cairan antiseptik seperti povidone iodine (Betadine) atau rivanol. Setelah itu bawalah ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

    Informasi dan diskusinya dapat Anda ikuti pada tautan berikut:

    Rabies.

    Kemungkinan terkena rabies setelah digigit anjing

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william