Tanya Dokter

  • Luka dicakar kucing

  •  Rasmita Dewi
    Anggota

    Malam dok, sy ingin bertanya, kemarin ayah sy sempat dicakar kucing.. walaupun kucing hanya pnya 2% resiko penularan rabies, apakah aman jika tidak di vaksin? Karena vaksin di daerah kami benar benar langka dok, dan kosong hampir di setiap rumah sakit

    Halo, Rabies dapat ditularkan pada kondisi dimana virus dipaparkan pada luka gigitan hewan, luka terbuka pada kulit, atau pada selaput lendir seperti pada mata atau mulut yang terpapar air liur hewan dengan rabies. Hewan yang dapat menjadi agen penularan rabies antara lain anjing, kucing, kera, kelelawar, rubah, dan serigala. Penyebab rabies Gejala rabies Faktor yang dapat menjadi pertimbangan dari penularan rabies, termasuk diantaranya:

    • Kejadian/ kasus rabies di area tersebut
    • Riwayat kesehatan hewan yang menggigit/mencakar (misalnya: perilaku yang aneh, tanda-tanda seperti sakit)
    • Kemungkinan hewan tersebut terpapar rabies (terdapat luka pada hewan tersebut, dan riwayat paparan dengan hewan-hewan yang terkait dengan penularan rabies).
    Secara garis besar, penularan rabies dapat berlangsung melalui gigitan dan selain gigitan. Paparan selain gigitan, kemungkinan muncul pada kondisi dimana terjadi paparan air liur hewan dengan rabies pada:
    • Luka terbuka
    • Lecet
    • Selaput lendir
    • Cakaran
    Akan tetapi, paparan melalui selain gigitan mempunyai kemungkinan sangat kecil dalam menularkan rabies. Hanya terkadang saja, dilakukan pemberian pencegahan rabies dengan vaksinasi rabies. Pengobatan rabies Tidak dapat dipastikan bahwa cakaran tersebut 100% aman tidak menularkan rabies. Untuk lebih aman, sebaiknya memang dilakukan pencegahan dengan vaksinasi rabies. Akan tetapi jika didaerah tersebut tidak tersedia, maka dilakukan pengawasan selama 10 hari terhadap hewan yang menggigit atau mencakar. Apabila dalam waktu 10 hari hewan tersebut (terbatas hanya anjing, kucing, dan musang) tetap sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda rabies, maka orang yang terpapar gigitan atau cakaran tersebut tidak memerlukan pencegahan rabies. Untuk pertolongan pertama setelah tergigit atau tercakar hewan yang dapat menularkan rabies, sebaiknya segera cuci luka tersebut dengan air dan sabun minimal selama 5 menit. Kemudian segera kunjungi dokter terdekat. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha