Tanya Dokter

  • kulit gatal setelah di cakar kucing

  • Malam dokter, saya imel umur 18 tahun. Sekitar 10 hari yang lalu, saat ingin memandikan kucing, saya dicakar oleh kucing saya. Lalu, bekas cakaran dikulit saya pun mengering, tapi gatal dan saya garuk,4 hari yang lalu menjadi melebar seperti cincin. Setiap malam gatal, disaat keringatan juga menjadi sangat gatal. Apakah saya mengalami peradangan kulit akibat dari cakaran kucing ? Atau ini termasuk infeksi? Atau bakteri dari kucing tersebut? Atau kurap? Kira kira sembuhnya berapa lama ya dokter? Ataukah saya harus ke spesialis kulit? Terimakasih sebelumnya dokter 😄😄

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Luka yang mengering menandakaan telah terjadi proses penyembuhan luka. Pada proses penyembuhan luka biasanya memang disertai dengan rasa gatal. Namun, apabila digaruk maka dapat mengganggu penyembuhan luka tersebut dan menyebabkan terbentuknya luka serta menyebabkan infeksi. Rasa gatal yang Anda alami juga dapat diakibatkan oleh : 

    1. Infeksi jamur pada kulit (tinea)

    2. Dermatitis (peradangan pada kulit)

    3. Scabies (kudis)

    4. Infeksi bakteri pada kulit. 

    Anda sebaiknya memeriksakan diri Anda ke dokter ulit untuk mengetahui penyebab keluhan Anda dan mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa anjuran untuk Anda : 

    1. Hindari menggaruk bagian kulit yang luka 

    2. Jika Anda merasa gatal, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang gatal seperti loratadin atau cetirizine

    3. Jaga kebersihan kulit Anda dengan mandi teratur menggunakan sabun

    Semoga membantu

    Salam, 

    dr.Angga