Tanya Dokter

  • Perut tidak nyaman dan mual setelah konsumsi obat natrium diklofenak

  •  ZiiKiky
    Anggota
    Selamat siang dokter Kemarin saya berobat ke puskesmas dan saya diberi 2 jenis obat salah satunya yang saya sebutkan.... Nah masalahnya itu setelah saya mengkonsumsi ada rasa perut gk enak, mual sama agak ngantuk... Apa itu normal dok?

    Halo ZiiKiky........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, Diclofenac merupakan salah satu obat antiinflamasi non steroid ( OAINS ) yang digunakan untuk meredakan rasa sakit tingkat ringan hingga menengah dan juga Peradangan.

    Contoh kondisi yang dapat ditangani dengan obat yang mengandung diclofenac, diantaranya : rheumatoid arthritis, Osteoarthritis, penyakit asam urat, nyeri punggung, terkilir, serta sakit gigi.

    Gejala gejala yang Anda alami kemungkinan memang mengarah kepada efek Sampingan yang di timbulkan obat ini, diantaranya adalah : sakit perut, nyeri uluhati, diare, mual, muntah, kembung, sering bersendawa.

    Akan tetapi efek Sampingan ini biasanya akan berkurang seiring penyesuaian tubuh terhadap obat. Akan tetapi, kami tetap menyarankan segeralah menghentikan pemakaian obat, jika efek sampingan yang timbul sangat serius dan sudah mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, dan segeralah menemui dokter agar dilakukan penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati