Tanya Dokter

  • Diet saat menyusui

  •  s.mulyani
    Anggota
    Dok saya ibu 1 anak umur 20 tahun,tinggi saya 157cm bb sekarang 66kg saya mau berat badan saya 55kg,tapi anak saya masih nyusu dok.anak saya umur 1 tahun,apakah tidak mempengaruhi produksi asi dok? Dan apakah aman kalau saya diet ?

    Halo  s.mulyani, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Melakukan program penurunan berat badan saat sedang dalam masa menyusui memang tidak direkomendasikan karena dapat menurunkan produksi ASI. Biasanya dengan menyusui secara rutin, berat badan akan dapat turun sendiri tanpa perlu melakukan program diet khusus karena pada dasarnya kebutuhan kalori saat menyusui akan meningkat.

    Bila anda hendak menurunkan berat badan saat menyusui, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    • Mengatur pola makan anda:
    1. Makanlah dalam jumlah yang secukupnya dan tidak berlebihan. 
    2. Wanita menyusui memang lebih sering merasa lapar, sehingga cenderung lebih sering ngemil. Cobalah mengganti cemilan anda dengan cemilan yang sehat seperti makan buah-buahan atau minum jus buah dan sayur (tanpa gula). Selain dapat mengisi perut, buah dan sayur tidak mengandung kalori yang tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.
    3. Aturlah komposisi makanan anda. Diet yang sehat adalah diet yang seimbang yang tetap mengandung karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mikronutrien lainnya.
    4. Aturlah waktu makan dan kebiasaan makan anda. Sebaiknya jangan mengurangi waktu makan misalnya hanya makan 1 atau 2 kali sehari. Mengurangi waktu makan menyebabkan penambahan porsi makan di waktu makan berikutnya, serta dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat. Makan secara teratur dalam jam makan yang kurang lebih sama, dan sebaiknya jangan makan sebelum waktu tidur. 
    5. Minum air dalam jumlah cukup, terutama sebelum makan agar anda lebih cepat merasa kenyang.
    • Menambah aktivitas fisik, dengan cara:
    1. Olahraga secara teratur. Selain dapat membakar kalori yang didapat dari makanan, olah raga secara rutin juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh seseorang sehingga dengan olah raga rutin, seseorang akan menjadi lebih tidak cepat gemuk meskipun makan dengan banyak.
    2. Memperbanyak aktivitas yang membutuhkan gerak tubuh seperti mengejar anak anda saat anak anda bermain, dan mengurangi aktivitas yang tidak bergerak seperti duduk menonton TV di waktu luang. Anda dapat memulai kegiatan seperti lari pagi atau yoga di waktu luang, dan lain sebagainya.
    • Memelihara gaya hidup yang sehat
    1. Mengurangi kebiasaan makan makanan dan minuman yang mengandung kalori "kosong" seperti gula, soda, kue, biskuit serta makanan dan minuman manis 
    2. Mengurangi stress
    3. Tidur dan istirahat yang cukup

     

    Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia