Tanya Dokter

  • Tips diet aman dan tepat

  • Dok,gmana cara diet yang baik serta olahraga yg disarankan buat diet namun untuk membakar lemak dan tidak membentuk otot? Trims...
    Johannes K. Sitorus  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Johannes K. Sitorus,

     

    Lemak merupakan salah satu dari komposisi tubuh yang berguna sebagai cadangan energi ketika terjadi kekurangan asupan energi di dalam tubuh dan juga berperan sebagai bantalan pada bagian tubuh tertentu sehingga apabila terjadi trauma, lemak dapat berperan sebagai bantalan tubuh sehingga organ di dalam tubuh tidak mengalami cidera.

     

    Lemak berlebih di dalam tubuh dapat dihilangkan dengan melakukan olahraga yang rutin. Olahraga yang disarankan adalah dengan melakukan olahraga aerobik seperti berenang, berlari atau jogging, bersepeda dan juga melakukan gerakan aerobik seperti senam. Dengan melakukan olahraga aerobik, dalam waktu 30 menit pertama tubuh akan mengeluarkan kadar air berlebih dari dalam tubuh dan selanjutnya akan terjadi pembakaran lemak di dalam tubuh dengan melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga aerobik umumnya tidak akan terjadi pembesaran pada bagian tubuh tertentu karena olahraga tersebut tidak terkonsentrasi pada bagian tubuh tertentu melainkan terkonsentrasi untuk pembakaran pada lemak tubuh.

     

    Olahraga yang dianjurkan setidaknya 3 sampai dengan 5 kali dalam seminggu. Selain itu, anda juga diharapkan untuk menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak seperti gorengan, makanan bersantan atau makanan instan. Selain itu anda juga diharapkan mengkonsumsi sayur-sayur dan buah-buahan untuk menambah asupan serat untuk rasa kenyang terhadap makanan yang lebih lama. Tubuh juga membutuhkan tidur yang cukup agar metabolisme berlangsung dengan baik sehingga pembakaran lemak dapat berlangsung dengan baik saat anda beraktivitas.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi