Tanya Dokter

  • Tips diet yang sehat

  •  mocca
    Anggota
    hallo dok saya ingin bertanya, apakah jumlah asupan kalori/hari tiap orang dewasa berbeda-beda ? dan bagaimana cara menghitung jumlah kalori yg dibutuhkan berdasarkan usia, bb, dan tb ? saya berusia 23 th bb 59 tb 160 berapa jumlah kalori yg saya butuhkan per harinya dok ?? karena saya ingin diet, kemudian apakah benar ketika diet tidak boleh makan malam ? terim kasih

    Hai Mocca,

    Untuk menentukan kebutuhan kalori seseorang, perlu diketahui terlebih dahulu: TB, BB, usia, Pria/Wanita, aktifitas sehari harinya, serta kebutuhannya dan kondisi khusus lainnya (misal: penderita diabetes, atau kebutuhan untuk menurunkan berat badan/ menaikkan berat badan). Umumnya setiap wanita membutuhkan 1600-2000kkal per hari, tapi ini dapat berbeda beda pada setiap wanita tergantung dengan kebutuhannya.

    Pada kasus Anda, Anda terlebih dahulu harus menentukan berat badan ideal, yaitu:

    BB idaman: (TB-100) - 10%(TB-100), catatan: TB dalam cm

    untuk wanita<150 cm dan pria <160cm, tidak perlu dikurangi 10% lagi

    Setelah itu, Anda dapat mencari tahu kebutuhan kalori Anda per harinya dengan memakai rumusan:

    Kalori/Hari = BB idaman(kg) x 25kal untuk wanita, BB idaman x 30kal untuk pria.

    Anda dapat berkosultasi lebih lanjut dengan dokter ahli gizi untuk menentukan kebutuhan aktual kalori Anda sehari hari, serta target yang Anda perlukan.

    Diet tidak makan malam sebenarnya tidak tepat, karena perut akan kosong dalam jangka waktu cukup lama dan dapat memicu adanya gangguan saluran cerna. Jika yang Anda maksudkan adalah diet untuk menurunkan berat badan, maka jenis dan jumlah makananlah yang perlu Anda atur, serta pastikan juga Anda beraktifitas serta berolahraga rutin untuk mendapatkan berat badan ideal.

    Beberapa artikel berikut dapat membantu Anda

    Cari tahu kebutuhan kalori Anda

    Menjaga BB ideal

    Olahraga yang cepat menurunkan BB

    Semoga membantu