Tanya Dokter

  • Cara menurunkan berat badan

  •  devi listyani
    Anggota

    Dok, saya ingin bertanya saya ingin sekali menurunkan BB saya, BB saya dark dulu selalu nail dok. saya takut obesitas dok.. padahal sudah mencoba obat herbal penurun BB tapi tetap nggak bisa turun..

    Mohon balasannya dok..

    Hai, Sebelum menentukan penurunan berat badan, sebaiknya Anda terlebih dahulu menghitung IMT (indeks massa tubuh) untuk menentukan klasifikasi Anda termasuk kurus, normal, kegemukan atau obesitas. Cara menghitung IMT dapat dibaca pada laman berikut ini: Memahami Indeks Massa Tubuh Untuk menurunkan berat badan pada prinsipnya adalah melakukan pengaturan agar kalori yang masuk lebih sedikit daripada kalori yang dibakar. Artinya diperlukan pengaturan diet untuk membatasi asupan kalori dan berolahraga secara teratur untuk meningkatkan pembakaran kalori. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:

    • Tetapkah target penurunan berat badan yang realistis. Idealnya penurunan berat badan adalah 0,5-1 kg per minggu. Hindari penurunan berat badan yang terlalu cepat karena dapat menyebabkan efek yoyo, yaitu berat badan naik kembali dengan cepat
    • Kurangi porsi makan dan pilihlah jenis makanan yang sehat
    • Makan dalam porsi yang kecil-kecil namun sering (misalnya 5-6 kali sehari) akan lebih baik daripada makan 2-3 kali dalam jumlah banyak sekaligus
    • Jangan melewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan dan menahan rasa lapar terlalu lama justru akan mengakibatkan metabolisme melambat, dan Anda cenderung akan makan lebih banyak setelahnya. Aturlah dan kurangi porsi makan, dan bukan mengurangi frekuensi makan
    • Perbanyak konsumsi buah dan sayur
    • Hindari jenis makanan yang digoreng, berlemak, atau mengandung kadar gula yang tinggi
    • Minum banyak air putih (minimal 2 liter sehari) untuk melancarkan metabolisme
    • Hindari kebiasaan mengonsumsi cemilan dan minuman manis karena mengandung kalori yang cukup tinggi
    • Jika di antara waktu makan Anda merasa lapar, ganti cemilan dengan makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayur, atau oat
    • Bergerak aktif dalam kehidupan sehari-hari (berjalan kaki, naik tangga, membersihkan rumah, berkebun, bersepeda dll)
    • Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai (aerobik, zumba, berenang, dll) dan lakukan secara teratur. Bila Anda tidak memiliki masalah kesehatan dapat menetapkan target untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau intensitas berat selama 75 menit per minggu
    • Berolahraga bersama keluarga, sahabat ataupun komunitas akan membantu Anda untuk disiplin berolahraga
    Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengatur pola diet dan olahraga sesuai kebutuhan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gizi di kota Anda. Dokter akan menghitung kebutuhan kalori Anda berdasarkan target penurunan berat badan dan aktivitas yang dilakukan, dan berdasarkan perhitungan tersebut akan disusun pola diet dan olahraga yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Laman artikel berikut dapat berguna bagi Anda: Cara menurunkan berat badan secara realistis Diet cepat atau diet sehat? Tips diet sehat melalui makanan dan olahraga Menu diet mayo untuk meraih tubuh sehat dan ideal Menjaga berat badan ideal dengan makanan rendah kalori Penyebab kegemukan yang jarang diketahui Cara minum air putih seperti ini bisa turunkan berat badan Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman