Tanya Dokter

  • Diet di usia muda, amankah?

  • dok, apakah boleh diet di umur 14 tahun, karena merasa gendut, dan apa bahaya nya bagi tubuh?? apakah ada cara lain selain diet??

    Halo,   Diet sehat tentu boleh dilakukan siapa saja dari umur kapanpun selama diet dilakukan sesuai anjuran dokter pada mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas agar tidak mengganggu proses pertumbuhan. Untuk mengetahui berat ideal Anda maka Anda perlu mengukur Indeks massa tubuh Anda disini. Jika Anda termasuk kategori kelebihan berat badan atau obesitas, maka diet sehat dan olahraga bisa Anda lakukan dengan aturan yang berlaku. Untuk mengatasi kelebihan berat badan Anda perlu menyeimbangkan antara makanan yang masuk (KALORI) dan energi yang keluar (Olahraga). Untuk menurunkan berat badan secara alami dan sehat maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :

    1. Makan porsi kecil terbagi dan dalam setiap porsi makan harus memiliki kandungan gizi yang cukup. Tanyakan ahli gizi jika perlu info yang lebih lengkap.
    2. Lakukan olahraga secara teratur. Anda bisa melakukan joging, sepeda statis, berenang atau lompat tali dipagi hari dan melakukan body shaping di malam hari (crunch, plank, pushup, sit up dll).
    3. Perbanyak minum air putih.
    4. Perbanyak buah dan sayur dalam menu diet Anda.
    5. Hindari makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak = coklat, soda, gorengan, kue kering dll.
    6. Makan cemilan sehat = buah, snackbar, salad, dll
    7. Cukup istirahat.
    8. Kelola stress.
    9. Hindari ngemil.
    Penurunan berat badan yang sehat adalah berkisar 0,5 -1 kg dalam 2 minggu. Diharapkan dengan penurunan berat badan seperti ini maka proses metabolisme tubuh tetap baik dan tidak menganggu proses tumbuh kembang Anda yang masih remaja. Baca topik Menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi