Tanya Dokter

  • Tips meningkatkan berat badan menjadi ideal

  •  Allyna
    Anggota
    Hallo dok .. saya seorang ibu berusia 25 tahun dengan tinggi 150 cm, saat sebelum menikah berat badan saya naik turun dg kisaran berat 44-42 kg saja. selama ini berat maksimal ketika umur 21 th yaitu 49 kg. dan ketika menikah dan di kehamilan 9 bulan berat badan saya hanya mentok 53 kg. setelah melahirkan berat badan saya kembali menjadi 42 kg, sekarang sedang Asi eksklusif tapi kenapa selama 7 bulan menyusui berat badan saya tambah menurun ya dok jadi 39 kg? saya merasa lebih cepat lelah, padahal sejauh ini nafsu makan meningkat dan dari genetik,kedua orang tua saya gemuk malah cenderung obesitas. bagaimana ya dok agar berat badan ideal ? makanan apa yg bisa mempercepat berat badan naik dan diet apa yg harus dilakukan sementara saya berniat menyusui sampai 2 tahun, karena seperti yg kita tahu menyusui membakar banyak kalori. sekian dok terima kasih atas waktunya

    Halo Allyna, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Wanita yang sedang menyusui memang membutuhkan kalori jauh lebih besar dibandingkan wanita yang tidak sedang menyusui, sehingga penurunan berat badan (terutama berat badan yang didapat saat hamil) sangat mudah terjadi pada wanita yang sedang menyusui secara eksklusif. Meskipun demikian, penurunan berat badan yang berlebihan saat anda menyusui terutama bila disertai dengan gejala-gejala lain, bisa menjadi pertanda terjadinya penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan berat badan berlebihan:

    1. hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid)
    2. infeksi tuberkulosis
    3. kanker
    4. diabetes
    5. HIV
    6. gangguan pencernaan (misalnya defisiensi enzim tertentu, penyakit celiac, penyakit crohn, dan lain-lain)
    7. gangguan psikologis tertentu misalnya terdapat gangguan makan (anoreksia dan bulimia), depresi
    8. faktor lain seperti penggunaan obat-obatan tertentu, olahraga berlebihan, stress berlebihan 

     

    Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menambah berat badan:

    1. Untuk menambah berat badan, anda perlu meningkatkan asupan kalori hingga lebih banyak dibanding yang dikeluarkan tubuh. Meningkatkan asupan kalori dapat dilakukan dengan jalan makan lebih banyak dan lebih sering, serta memakan makanan yang berkalori tinggi namun sehat seperti coklat, susu, kacang-kacangan, keju, buah alpukat, daging merah, nasi, kentang, oats, gandum utuh, telur, pasta.
    2. Hindari makan makanan dengan kalori kosong yaitu kalori yang berasal dari gula sederhana seperti pada minuman bersoda, kue, atau biskuit, karena selain hanya akan menumpuk lemak (menambah lingkar pinggang) tanpa menambah massa otot, makanan minuman tersebut juga tidak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.
    3. Makan lemak yang sehat seperti lemak yang berasal dari lemak ikan, minyak zaitun, minyak kelapa murni. Hindari lemak yang berasal dari lemak hewan seperti lemak sapi, lemak kambing, ataupun kulit ayam.
    4. Makan lebih sering, yaitu makan berat 3 kali sehari diselingi dengan makan ringan(cemilan) di antara waktu makan berat. Makan ringan yang sehat untuk dikonsumsi antara lain makan buah, salad sayuran, smoothies atau jus buah.
    5. Meningkatkan asupan protein. Protein dapat berasal dari protein hewani atau ataupun protein nabati. Protein hewani bisa berasal dari daging-dagingan seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, ikan, telur. Protein nabati bisa berasal dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, tahu, tempe. 
    6. Minum susu secara rutin, terutama susu yang diperkaya kalori dan protein tinggi
    7. Jangan banyak minum sebelum makan, batasi minum saat di tengah-tengah makan, dan perbanyak minum setelah selesai makan. Hal ini dimaksudkan supaya perut tidak kenyang karena minum dan anda bisa makan lebih banyak.
    8. Olahraga dalam jumlah secukupnya
    9. Tidur dan istirahat secukupnya

     

    Bila anda terus mengalami penurunan berat badan meskipun anda sudah mencoba melakukan hal-hal di atas, ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan evaluasi terhadap kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyebabkan penurunan berat badan pada diri anda, serta memberikan tata laksana yang sesuai dengan hasil temuannya.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia