Tanya Dokter

  • Program Diet Mayo

  •  tariyuriko
    Anggota

    Malam dok, ingin bertanya. Saya perempuan yang memiliki tinggi 161 cm dgn bb 55kg dan berencana menurunkan bb hingga 49kg. Saya selama sebulan ini sudah melakukan olahraga tiap sore selama sejam dan menghindari makanan berminyak dan berlemak. Namun bb saya tetap di angka 55kg dan apakah itu normal? Karena setidaknya saya pikir akan turun 0,5 - 1kg. Jadi saya ingin mencoba program diet mayo dan apakah menurut dokter program diet mayo itu baik untuk menurunkan bb dan untuk kesehatan?

    terimakasih dok

    Terima kasih Venessa Nessa atas pertanyaannya.

    Saat ini memang ada berbagai macam jenis diet yang dianggap dapat sangat efektif menurunkan berat badan, salah satunya adalah diet mayo. Sebenarnya, dari ilmu kedokteran, jika memang pasien tersebut tidak ada penyakit-penyakit tertentu yang mengharuskannya membatasi suatu asupan makanan tertentu, maka diet yang paling baik adalah dengan tetap mengkonsumsi segala nutrisi yang diperlukan tubuh, yaitu:

    - Karbohidrat

    - Protein

    - Lemak

    - Vitamin

    - Mineral

    - Serat

    - dan cukup air putih

    Disamping itu, olahraga rutin juga diperlukan untuk membantu menurunkan berat badan. Peningkatan atau penurunan berat badan akan tergantung dari jumlah kalori yang masuk dan keluar. Suhu suatu makanan atau minuman tidak mempengaruhi jumlah kalori yang masuk. Hal-hal yang mempengaruhi jumlah kalori adalah:

    - Jumlah

    - Bahan

    - Cara pengolahan

    Selain itu, jika Anda menargetkan penurunan berat badan, maka kriteria berhasil atau tidaknya diet Anda adalah berdasarkan naik atau turunnya berat badan Anda di akhir metode diet tersebut.

    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi terkait hal ini.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Menu diet mayo

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

     

    dr. Andika Surya