Tanya Dokter

  • Diet penderita gula dan asam lambung

  •  nano nasution
    Anggota

    Selamat malam Alo Dokter,

    Mohon izin untuk bertanya, Teman saya pria 40 tahun menderita sakit gula dan asam lambung. Selama ini konsumsi Metformin 2x500 dan Trajenta 1x5mg serta Pariet 1xsehari. Dokter ada yang menyarankan makan sedikit tapi sering untuk mengatasi asam lambungnya tapikan kalau makan sering nanti gulanya malah naik. 

    Pertanyaan saya : Bagaimakah pola makan yang baik untuk Teman saya ini ya dok?

     

    Terima kasih

    Nano

    Halo nano nasution, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Penyakit gula darah tinggi atau yang dikenal dengan diabetes mellitus adalah suatu penyakit kronis dimana terjadi gangguan terhadap kemampuan sel-sel tubuh menggunakan glukosa yang masuk dari makanan sehingga kadar glukosa dalam darah meningkat.

    Melakukan perubahan pola hidup merupakan terapi utama dalam penanganan diabetes, dan menjaga pola makan adalah salah satu dari perubahan pola hidup. Perubahan pola hidup lainnya yang disarankan untuk dilakukan pada penderita diabetes adalah olahraga, mengurangi stress, berhenti merokok, berhenti konsumsi alkohol, serta menurunkan berat badan bila berat badan berlebihan. 

     

    Berikut ini adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes:

    1. Karbohidrat yang sehat, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak meningkatkan gula darah dengan cepat karena perlu dipecah perlahan dalam sistem pencernaan. Contoh karbohidrat yang sehat antara lain: beras merah, beras coklat, kacang-kacangan, gandum utuh, oats
    2. Makanan berserat tinggi, seperti misalnya sayur dan buah, kacang-kacangan, gandum utuh
    3. Ikan yang sehat, seperti ikan tuna, salmon, makarel, sarden, cod.
    4. Makanan dengan lemak sehat, seperti alpukat, almond, kacang pecan, kenari, olive oil. Memakan makanan yang mengandung lemak sehat direkomendasikan, namun jangan berlebihan karena lemak memiliki kalori yang tinggi.
    5. Protein yang sehat, seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur, susu rendah lemak, tahu, tempe
    6. Susu rendah lemak tanpa gula

     

    Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari:

    1. Lemak yang tidak sehat dan kolesterol tinggi seperti susu tinggi lemak, lemak dari hewan, sosis, daging olahan lainnya, jeroan
    2. Lemak trans misalnya yang terdapat dalam snack olahan, kue, margarin
    3. Garam. Konsumsi garam sebaiknya dibatasi hingga kurang dari 2300 mg sehari.
    4. Makanan dengan gula sederhana, seperti gula pasir, biskuit, kue, permen, dan makanan manis lainnya.

     

    Makan lebih sering (4-5x sehari) dengan porsi lebih sedikit seperti yang disarankan juga pada penderita penyakit lambung justru sangat disarankan pada penderita diabetes. Makan sedikit-sedikit namun lebih sering akan membuat makanan diserap dengan lebih lambat namun secara terus menerus sehingga kadar gula darah sepanjang hari akan tetap stabil dan tidak meningkat dengan terlalu cepat. 

    Selain melakukan perubahan pada pola makan, jangan lupa sertakan juga olahraga dalam jadwal harian teman anda tersebut.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia

    Halo nano nasution, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Penyakit gula darah tinggi atau yang dikenal dengan diabetes mellitus adalah suatu penyakit kronis dimana terjadi gangguan terhadap kemampuan sel-sel tubuh menggunakan glukosa yang masuk dari makanan sehingga kadar glukosa dalam darah meningkat.

    Melakukan perubahan pola hidup merupakan terapi utama dalam penanganan diabetes, dan menjaga pola makan adalah salah satu dari perubahan pola hidup. Perubahan pola hidup lainnya yang disarankan untuk dilakukan pada penderita diabetes adalah olahraga, mengurangi stress, berhenti merokok, berhenti konsumsi alkohol, serta menurunkan berat badan bila berat badan berlebihan. 

     

    Berikut ini adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes:

    1. Karbohidrat yang sehat, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak meningkatkan gula darah dengan cepat karena perlu dipecah perlahan dalam sistem pencernaan. Contoh karbohidrat yang sehat antara lain: beras merah, beras coklat, kacang-kacangan, gandum utuh, oats
    2. Makanan berserat tinggi, seperti misalnya sayur dan buah, kacang-kacangan, gandum utuh
    3. Ikan yang sehat, seperti ikan tuna, salmon, makarel, sarden, cod.
    4. Makanan dengan lemak sehat, seperti alpukat, almond, kacang pecan, kenari, olive oil. Memakan makanan yang mengandung lemak sehat direkomendasikan, namun jangan berlebihan karena lemak memiliki kalori yang tinggi.
    5. Protein yang sehat, seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur, susu rendah lemak, tahu, tempe
    6. Susu rendah lemak tanpa gula

     

    Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari:

    1. Lemak yang tidak sehat dan kolesterol tinggi seperti susu tinggi lemak, lemak dari hewan, sosis, daging olahan lainnya, jeroan
    2. Lemak trans misalnya yang terdapat dalam snack olahan, kue, margarin
    3. Garam. Konsumsi garam sebaiknya dibatasi hingga kurang dari 2300 mg sehari.
    4. Makanan dengan gula sederhana, seperti gula pasir, biskuit, kue, permen, dan makanan manis lainnya.

     

    Makan lebih sering (4-5x sehari) dengan porsi lebih sedikit seperti yang disarankan juga pada penderita penyakit lambung justru sangat disarankan pada penderita diabetes. Makan sedikit-sedikit namun lebih sering akan membuat makanan diserap dengan lebih lambat namun secara terus menerus sehingga kadar gula darah sepanjang hari akan tetap stabil dan tidak meningkat dengan terlalu cepat. 

    Selain melakukan perubahan pada pola makan, jangan lupa sertakan juga olahraga dalam jadwal harian teman anda tersebut.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia