Tanya Dokter

  • Pola makan tepat untuk penderita diabetes

  •  nano nasution
    Anggota

    Selamat Pagi Alo Dokter,

    Terima kasih atas jawaban pertanyaan saya yang pertama. Namun supaya saya lebih yakin terhadap jawaban Alo Dokter yang mengatakan " Makan lebih sering (4-5x sehari) dengan porsi lebih sedikit seperti yang disarankan juga pada penderita penyakit lambung justru sangat disarankan pada penderita diabetes."

    Apakah ada literatur yang menguatkan jawaban Alo Dokter, biar orang yang membaca jawaban Alo Dokter biar lebih yakin dan tidak menimbulkan kesalahan.

    Karena yg saya pahami kalau makan sering, glukosa yang dihancurkan menjadi lebih sering, glukoneogenesis juga semakin banyak terjadi, bagaimana mungkin bisa membuat gula darah jadi stabil?" 

    Terima kasih

    Nano

    Halo,

     

    Menu dan jadwal makan pada penderita diabetes akan bervariasi pada setiap individu, tidak ada metode menu yang sama untuk semua penderita diabetes karena keunikan kondisi dari masing masing orang dan adanya faktor lain seperti berat badan, kadar gula darah, jenis pengobatan, komplikasi lain, dll.

    Idealnya makan pada penderita diabetes menurut AMA (American Diabetes Associations) adalah dengan membagi 3 kali makan besar (sarapan, makan siang dan makan malam) dan diantara nya boleh diselingi snack ringan (rendah kalori, rendah gula dan rendah lemak) yang tentu harus disesuaikan dengan kondisi individu dan menu diet yang sudah ada.

    Jadi sering dikatakan bahwa makan pada diabetes bisa diberikan sering dan porsi kecil sebanyak 6 kali sehari [ 3 kali makan (sarapan, makan siang dan malam) disertai 3 snack kecil diantaranya (umumnya sayur, buah) ] dengan pola diet yang disesuaikan kondisi masing masing individu.

    Untuk mendapatkan menu yang baik dan sesuai dengan Anda maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli gizi terdekat di kota Anda.

    Makan pada penderita diabetes harus membatasi kalori (terutama karbohidrat dan lemak yang bisa dipecah menjadi gula) dan melakukan penyeimbangan nutrisi lain. Dengan membatasi asupan karbohidrat dan makan karbohidrat dalam jumlah yang sama setiap kali makan setiap harinya secara teratur dengan interval yang disarankan maka ini akan membantu menyeimbangkan gula darah dan mencegah naik turunnya kadar gula darah terlalu berlebihan. Dikatakan pula dengan melakukan pola diet rendah karbohidrat dapat menurunkan kadar gula darah puasa hingga 21-28 mg%.

    Jadi pola diet makan sering porsi kecil yang disebut oleh dokter sebelumnya bukanlah sembarang pola makan (asal sedikit dan sering saja) namun juga perlu menyeimbangkan nutrisi dan jumlah karbohidrat, lemak dan protein sesuai dengan kondisi penderita masing masing. Dengan demikian akan didapatkan pola makan dengan nutrisi seimbang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan tidak meninggikan kadar gula.

    Semoga memperjelas.

     

    dr. Yusi