Tanya Dokter

  • Tentang diet protein

  •  Nurmu
    Anggota
    Dok, sy mau tanya, menurut dokter diet protein itu maksudnya gimana ya? Hasil lab diharuskan diet protein karna tidak dijelaskan secara rinci.. Terima kasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Protein merupakan nutrisi yang berperan penting dalam metabolisme tubuh. Jaringan tubuh, otot, organ dan sistem kekebalan tubuh membutuhkan protein sebagai bahan dasarnya. Protein juga berperan dalam pembuatan komponen sel darah merah bernama hemoglobin, yang tugasnya mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

    Kemungkinan yang dimaksud dengan diet protein adalah diet tinggi protein, yaitu pelaku diet dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan proteinnya. Makanan yang tinggi protein misalnya daging merah, kacang-kacangan, telur, ikan, dan produk olahan susu. Diet ini biasanya meretriksi asupan karbohidrat seperti sereal, biji-bijian, buah dan mungkin juga sayuran. Diet ini biasanya bertujuan agar pembakaran lemak terjadi lebih cepat.

    Tentunya untuk mendapat penjelasan yang sesuai dan detail, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dengan membawa hasil laboratorium. Diet tinggi protein juga memiliki risiko kesehatan sehingga memerlukan konsultasi dan pemeriksaan dokter terlebih dahulu.

    Untuk meanambah informasi, Anda bisa artikel berikut di:

    • https://www.alodokter.com/kenali-jenis-diet-yang-ampuh-menurunkan-berat-badan
    • https://www.alodokter.com/cermat-memilih-makanan-yang-mengandung-protein

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.