Tanya Dokter

  • Diet tapi tambah gemuk

  •  Lhya avril
    Anggota
    Hallo doc, saya mencoba diet dengan berbagai cara bahkan dengan mengkonsumsi obat diet namun tidak berhasil bahkan berat badan saya bertambah hingga kini berat badan saya mencapai 69 kg Bagaimana pola diet yang baik untuk saya doc?
    Lhya avril  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Melakukan diet merupakan suatu hal yang baik, tetapi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. sebelum anda memutuskan untuk diet, sebaiknya anda menghitung indeks masa tubuh anda terlebih dahulu. Kemudian jika didapatkan hasil yang berlebih maka baru kemudian lakukan diet yang baik dan benar.

    baca mengenai indeks masa tubuh

    Untuk menurunkan berat badan terdapat banyak cara. Mengkonsumsi obat diet secara medis tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan berbagai efek samping. 

    Sebelum melakukan diet, sebaiknya periksakan diri terlebih dahulu ke dokter, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda terlebih dahulu, sehingga jika terdapat suatu penyakit maka dokter dapat mengetahuinya. 

    terdapat beberapa prinsip untuk menurunkan berat badan seperti:

    • Lakukan olahraga yang bersifat cardio, misalnya lari, bersepeda, berenang, dll. Lakukan olahraga tersebut selama 45 menit - 1 jam selama 3-4 kali dalam seminggu
    • Anda dapat melakukan olahraga angkat beban, agar lemak dapat berubah menjadi masa otot
    • minum cukup air putih
    • Batasi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, termasuk makanan cepat saji
    • Usahakan mengolah makanan dengan cara di rebus, di panggang, atau di kukus. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng. Jika ingin menumis, gunakan minyak zaitun/ olive oil
    • Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti putih telur, dada ayam, ikan, susu tanpa lemak,dll
    • Pada pagi hari konsumsi makanan dari berbahan gandum, dan konsumsi buah 
    • Makan dengan porsi sedikit tetapi sering. Anda dapat makan 5-6 kali dalam sehari dengan porsi kecil. Usahakan pada tiap porsi makan konsumsi buah dan sayur
    • Hindari konsumsi makanan dari bahan makanan karbohidrat simpleks seperti mie, nasi putih, pasta. Konsumsi karbohidrat dari bahan nasi merah, kentang, gandum.
    • Istirahat cukup pada malam hari juga sangat penting
    • dll

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai menurunkan berat badan sehat

    manfaat lari pagi

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr. danny