Tanya Dokter

  • Tips diet untuk pengidap anemia

  •  Ian Pera
    Anggota

    Aslmkm dok,,sya mau tnya dok,,sya perempuan berumur 27th sya mengidap penyakit anemia ringan yg sering kambuh pd saat sya demam ataupun haid,,,awal sya terkena anemia adalah 1 bln setelah mlhirkn ank ke 2 dan sya jg mau menurunkan BB krn BB sya berlebih,,tinggi sya 145 BB sya 55kg,,,bgmn cara terbaik diet untuk sya dok??? Dlu sya jg prnh melakukan diet ocd tp setelah sya anemia sya tidak prnh lgi diet ocd Dan bgmn menu makanan yg baik sya konsumsi saat pgi,siang ataupun mlm dok??

    Waalaikumsalam Ian, Terima kasih atas pertanyaannya. Anemia merupakan kondisi dimana kadar hemoglobin dalam darah di bawah normal. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun penyebab anemia yang sering pada masa kehamilan atau setelah melahirkan, masa menstruasi, adalah defisiensi zat besi atau kekurangan zat besi. Oleh karena itu, pola diet Kamu sebaiknya meningkatkan asupan zat besi. Zat besi banyak terkandung pada ikan kembung, hati sapi, hati ayam, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan lainnya. Pada dasarnya berat badan dipengaruhi oleh keseimbangan jumlah kalori yang masuk melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi dengan jumlah kalori yang dikeluarkan karena beraktivitas. Apabila asupan kalori yang masuk melebihi pengeluaran kalori saat beraktivitas, kemungkinan besar berat badan Kamu akan berlebih. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

    • Konsumsi makanan sehat secara teratur, makan lah dengan proporsi yang tepat; makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan sore, makan malam. Hindari melewatkan jam makan, lebih baik makan sering dengan porsi kecil dari pada makan jarang dengan porsi besar
    • Konsumsi camilan sehat untuk makan selingan, contohnya alpukat, kurma, jagung
    • Perbanyak asupan buah dan sayuran hijau, minimal 5 porsi dalam sehari
    • Tingkatkan asupan zat besi pada setiap menu makanan Kamu, berikut adalah artikel yang membahas mengenai menu sehat: Menu Diet Sehat untuk Pagi, Siang, dan Malam
    • Bergerak aktif, rutin berolahraga minimal 3 x seminggu selama 45 menit, contohnya bersepeda, berenang, senam, yoga, zumba
    • Hindari rokok dan alkohol
    • Batasi minuman manis (teh, kopi, minuman soda, dll)
    • Batasi makanan manis (kue, coklat, dll)
    • Istirahat yang cukup, hindari begadang
    • Kelola stres psikis: meditasi, relaksasi
    Demikian semoga berhasil, dr.Annes