Tanya Dokter

  • diet yang tepat untuk menurunkan berat badan

  • siang dok,

    saya perempuan usia 21 th dengan berat badan 85 kg dan tinggi 152 cm.

    saya minta saran sebaiknya saya menggunakan jenis diet apa ?

    saya beberapa hari yang lalu memulai diet tinggi protein, apa itu tidak masalah ?

    atau dokter punya saran yang diet yang lain ?

    FHieka Chusumawati
    Nov 02, 2017 at 12:50 PM

    siang dok,

    saya perempuan usia 21 th dengan berat badan 85 kg dan tinggi 152 cm.

    saya minta saran sebaiknya saya menggunakan jenis diet apa ?

    saya beberapa hari yang lalu memulai diet tinggi protein, apa itu tidak masalah ?

    atau dokter punya saran yang diet yang lain ?

     

    Salam,

    Berdasarkan BMI, berat badan Anda termasuk obesitas dimana kondisi ini menunjukkan adanya beban berlebihan dari tubuh Anda. Nilai BMI yang optimal untuk Anda dapat berkisar berat 57 kg dengan tinggi 152cm. Sehingga Anda membutuhkan penurunan berat badan sekitar 28-30 kg. Anda dapat mengusahakan penurunan ini dalam 8 bulan -1 tahun selanjutnya, dengan berat rata-rata penurunan setiap bulan sekitar 3-4 kg.

    Pemilihan jenis diet tergantung masing-masing individu baik berdasarkan kemampuannya, kemauannya, kebiasaannya, serta niat dan konsistensinya. 

    Bila saat ini Anda diet dengan asupan protein, maka hal ini dapat Anda lakukan secara rutin dan berkelanjutan. Namun tetap selingi diet Anda dengan aktivitas olah raga rutin dengan sifat olah raga yang sedang sampai berat, seperti joging, bersepeda, berenang ataupun treadmill. Karena olah raga akan memberikan stamina tubuh yang baik dan membantu perbaikan metabolisme tubuh kita.

    Dengan diet protein ini, yang dibutuhkan adalah konsistensi dan jangan menyerah. Karena waktu yang dibutuhkan untuk mencapai berat ideal dapat berbulan-bulan, sehingga hindari pikiran putus asa terhadap lambatnya penurunan berat badan. Target yang di capai adalah jangka panjang dan perubahan pola hidup. Sehingga tidak dapat kita rasakan secara instan.

    Selain diet protein dan olah raga, Anda juga harus menghindari nyemil berlebihan, stres, serta tidur larut malam. Dengan puasa rutin, akan membantu proses ini dengan baik.

    Selain diet protein, Anda juga dapat melakukan diet lain yang sesuai dengan Anda, seperti diet mayo, diet ala Deddy corbuzier, diet Paleo, ataupun diet 5:2. Namun Anda tidak perlu mencoba semua jenis diet, cukup di review diet mana yang menurut Anda mampu Anda lakukan secara konsisten, dengan catatan, tidak mengharapkan target yang berlebihan dalam waktu singkat.

    Konsulkan dengan dokter spesialis ahli gizi klinik untuk meberikan evaluasi dan pendampingan selama Anda menjalani masa diet ini. Dengan demikian, dokter dapat memberikan masukan yang sesuai untuk Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga pilih-macam-macam-diet.

    dr. Ulfi