Tanya Dokter

  • Diet yang aman untuk ibu menyusui

  • Selamat siang Bpk/Ibu dokter Nama sy nadia usia 23th Jadi gini dok, setelah sy melahirkan anak pertama sy mmutuskan utk suntik kb 3bln. Setiap 3bln berat badan sy naik 2-3kg, Skrg hampir 60kg. Cara apa ya dok yg aman untuk menurunkan BB utk ibu menyusui spt sy? Apakah harus lepas kb, atau harus diet.. Semoga Bpk/Ibu dokter berkenan menjawab keluhkesah sy Trims

    Salam, 

    Pada Ibu menyusui, meningkatkan konsumsi gizi makanan dan minuman sehat merupakan langkah penting untuk mendapatkan kualitas ASI yang sehat dan berkualitas. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi pertahanan daya tubuh bayi serta meningkatkan tumbuh kembang bayi. Pemberian ASI ini disarankan selama 6 bulan secara ekslusif, yang artinya selama 6 bulan, bayi hanya mendapatkan ASI dari Ibu.

    Dengan demikian, sebaiknya kita tidak perlu berdiet terlebih dahulu, hal ini ditujukan untuk memfokuskan diri terhadap masa pemeberian ASI. Selama masa pemerian ASI ini, yang dapat kita lakukan adalah mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, daging, serta susu. Dan Anda dapat menghindari atau mengurangi frekuensi konsumsi makanan siap saji, gorengan, atau makanan ringan yang tinggi kalori dan kolesterol. Dengan demikian, secara umum, Anda sudah mempertahan kan kualitas makanan dan juga berat badan Anda, namun tujuan kita dapat terpenuhi.

    Selain itu, selama menyusui, Ibu secara tidak langsung sudah menjalani masa KB alami, namun memang, pemilihan dan penggunaan KB akan membantu Ibu untuk kenyamanan dan ketenangan paska persalinan.

    Dengan demikian, sebaiknya Anda tidak perlu diet, namun cukup mengkonsumsi makanan sehat. Dan Anda tetap dapat melanjutkan KB, dapat juga disertai dengan latihan fisik untuk membantu stamina Anda.

    Bila hal ini masih membuat Anda khawatir, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli gizi klinik atau dokter kandungan untuk diskusi dan memberikan masukan yang baik untuk Ibu.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga ASI.

    dr. Ulfi