Tanya Dokter

  • Tentang vaksin booster difteri

  • malam dokter.. maaf saya mau bertanya, yang d maksud dengan vaksin booster difteri itu seperti apa?saya kurang paham.. terimakasij

    Halo Rani, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Imunisasi adalah program pencegahan penyakit menular dengan memberikan vaksin berupa mikroorganisme yang dinonaktifkan atau dilemahkan. Diharapkan orang yang mendapat vaksin akan membentuk kekebalan tubuh melalui antibodi. Di masa yang akan datang, saat terpapar dengan mikroorganisme serupa, tubuh sudah memiliki kekebalan sehingga tubuh tidak terinfeksi.

    Program imunisasi sudah dimulai sejak bayi hingga usia sekolah. Umumnya, dalam satu tahun pertama kehidupannya, bayi sudah mendapatkan vaksin secara lengkap yang diulang atau dibooster pada usia pra-sekolah dan usia sekolah. Vaksin booster bertujuan mempertahankan status kekebalan terhadap mikrooganisme tertentu. Sebagai contoh, saat bayi, anak mendapatkan imunisasi DPT (difteri, pertusis, dan tetanus) pada usia 2, 4, dan 6 bulan. Pemberian imunisasi booster dilakukan pada usia 18-24 bulan dan usia 5 tahun.

    Mengingat saat ini telah terjadi kejadian luar biasa difteri di beberapa wilayah di Indonesia, sangat diharapkan seluruh anak yang belum mendapat atau belum lengkap tervaksinasi difteri agar ikut serta menyukseskan program imunisasi serentak yang diadakan di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan.

    Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya

    dr. Lili