Tanya Dokter

  • Digigit hewan peliharaan dan khawatir rabies

  • Selamat malam dok, nama saya stev. Hari senin lalu saya tergigit anjing peliharan jam 11 malam lalu saya mengobatinya dengan air hangat, alkohol, lidah buaya dan betadin. dan saya baru berobat pada hari selasa pagi jam 9, dihari itunya saya sudah mendapatkan suntikan 2x di lengan kanan dan kiri. Hingga lengan saya membengkak dan merah dan, saat ini bengkaknya sudah mengurang, serta beberapa hari ini badan saya sering demam, apakah saya terkena rabies? Terimakasih
    stevanuspranoto  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Stevanus,

    Rabies merupakan penyakit zoonosis (penyakit yang ditularkan hewan) yang dapat menginfeksi manusia melalui luka akibat cakaran ataupun gigitan. Penyakit ini merupakan kondisi yang sangat berbahaya dan membutuhkan penanganan segera oleh tenaga medis berupa pemberian vaksin rabies ataupun immunoglobulin rabies, perawatan luka dan obat-obatan untuk mengatasi keluhan penyerta.

    Setelah menginfeksi manusia, rabies tidak langsung menimbulkan gejala melainkan memasuki masa inkubasi. Masa inkubasi adalah masa dimana Anda sudah terinfeksi tetapi belum menimbulkan gejala. Lama masa inkubasi ini bervariasi antar individu dan dapat berlangsung selama beberapa minggu-beberapa bulan. Berikut adalah gejala yang dapat timbul akibat infeksi rabies :

    • Gejala seperti flu
    • Rasa tidak nyaman atau tidak enak badan
    • Demam
    • Sakit kepala
    • (Tahap lanjut) : penurunan kesadaran, gangguan fungsi otak, kecemasan, kebingungan, dsb
    • Bila Anda merasa khawatir atau tidak yakin mengenai kondisi Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda kedokter untuk memastikan penyebab keluhan Anda dan mendapat penanganan yang sesuai.

      Selain memantau kondisi luka dan kesehatan Anda, hewan yang menggigit Anda/diduga rabies juga harus dipantau selama beberapa waktu. Bila hewan tersebut berperilaku tidak wajar atau mati secara tidak wajar maka hewan tersebut berpotensi tinggi terinfeksi rabies sehingga harus mendapat penanganan guna mencegah penularan lebih lanjut.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Gejala Rabies

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono