Tanya Dokter

  • kemungkinan terkena rabies setelah digigit musang

  •  Nana Ratna
    Anggota
    Dok saya tgl 2 aprl kmrn (pagi) digigit musang ditangan lukanya cukup dlm bbrp cm dn trcbik sdkt dagingnya dn tdk bolong dsatu tmpt bnyk.. Siang nya di rs sy lgsg disuntik tetanus.. Tp vaksin rabiesnya trtunda krn rmh skt trsbut tdk trsedia ,jd pd tgl 3 nya sy bru mlkukan vksin rabies,, Nah dok apakah sy msh mungkin trkena rabies?? Krn telat vksn 1 hari?? Hr kedua sy msh terasa pegal2 dibagian2 yg bekas suntikn Saya takut dok krn imun sy jg ga bagus..saya seorang odapus.. Mohon jwbn nya dok untuk menenangkan saya.. Mhon maav dn Terimakasih sblmnya ya dok...

    Hai,

    Rabies ialah penyakit virus yang ditularkan melalui air liur hewan berdarah panas / mamalia. Musang termasuk hewan yang dapat menularkan rabies. Gigitan musang perlu diantisipasi dengan pemakaian antibiotika yang sesuai, anti-tetanus (tergantung derajat lukanya) dan anti-rabies.

    Gejala rabies meliputi rasa kesemutan, gatal, nyeri di area bekas gigitan, yang kemudian diikuti gejala-gejala mirip flu, seperti sakit kepala, mual, lemas, tak enak badan, nyeri otot/tulang/sendi. Kemudian bisa diikuti dengan demam, takut air, gelisah, sulit tidur sampai kejang. Virus ini mengincar sistem saraf, sehingga apabila letak luka dekat dengan otak, gejala terkait gangguan saraf pusat (kejang, takut air, gelisah) akan muncul lebih cepat. Apabila gejala-gejala ini sudah muncul, penyakit umumnya fatal. Untungnya, dengan adanya vaksin saat ini, kasus fatal akibat rabies kini sudah sangat jarang.

    Sesudah virus masuk ke dalam tubuh manusia, ia memerlukan sejumlah waktu untuk menyebabkan gejala. Waktu ini dikenal sebagai masa inkubasi, yang pada rabies bisa sangat bervariasi dari 9 hari sampai tahunan (kasus langka); secara umum, patokan masa inkubasinya ialah 3-8 minggu.

    Prinsip vaksin ialah merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi terhadap rabies. Secara teoritis, antibodi ini segera terbentuk setelah vaksin disuntik, dengan puncak produksi antibodinya terjadi setelah lebih kurang 2 minggu kemudian. Karena itu, vaksin rabies umumnya diberikan sebanyak 4x suntikan, yaitu suntikan segera, hari ke-3, ke-7 dan ke-14. Dengan memenuhi jadwal vaksin ini, perlindungan yang diperoleh dari vaksin akan cukup optimal untuk mencegah munculnya gejala rabies. Orang dengan lupus (odapus) dapat memperoleh vaksinasi dan mendapatkan manfaat yang sama besarnya seperti orang sehat pada umumnya. Konsultasikanlah ke Dokter Anda untuk mengetahui lebih lanjut rencana penanganan kasus Anda.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma