Tanya Dokter

  • Dijawab ya dok

  •  lilah
    Anggota
    Jika melakukan seks lalu dengan posisi berdiri dan posisi wanita nya diatas dan spermanya diemluarkan didalam. Apakah bisa terjadi kehamilan?

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com
    Kehamilan dapat terjadi apabila sel sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Sel sperma dapat bertahan sampai dengan 7 hari di dalam rahim. Apabila wanita mengalami ovulasi / pelepasan sel telur dalam waktu 1-7 hari setelah berhubungan maka kehamilan mungkin saja dapat terjadi. Jika Anda dan pasangan melakukan hubungan seksual tanpa pengaman atau pun alat kontrasepsi lain dan ejakulasi terjadi di dalam vagina, mungkin saja kehamilan dapat terjadi.
    Cara untuk mengetahui  apakah seseorang hamil atau tidak yang paling mudah adalah dengan penggunaan testpack. Cara penggunaan testpack pun cukup mudah dan tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasilnya. Anda bisa menggunakan testpack mulai 1 minggu setelah terlambat haid. Testpack cukup akurat apabila digunakan sesuai petunjuk cara pemakaian testpack dengan benar untuk menghindari hasil positif palsu dan negatif palsu. Apabila hasil testpack anda negatif, lakukan testpack ulang pada hari-hari selanjutnya.
    Namun, untuk pastinya, saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan menanyakan keluhan apa saja yang Anda alami, melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG untuk mengetahui tanda pasti hamil.

    Tanda-tanda kehamilan dibagi menjadi 3 jenis yaitu:
    • Tanda tidak pasti hamil: terlambat menstruasi, mual dan muntah, sering BAK, payudara membesar, kulit hidung, pipi, dahi, puting menghitam, sulit BAB, varises
    • Tanda kemungkinan hamil: hasil testpack positif dan terabanya bagian tubuh janin pada pemeriksaan
    • Tanda pasti hamil: terlihatnya gerakan janin dan denyut jantung janin melalui USG

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.
    Salam, dr.Sylvia