Tanya Dokter

  • Mengatasi nyeri pada hari pertama menstruasi

  •  Rana Hisanah
    Anggota
    Sore dok, saya mau tanya. Ibu saya mempunyai masalah saat hari pertama menstruasi. Setiap bulan di hari pertama menstruasi selalu sakit di bagian uterus. Ibu saya sudah mencoba untuk di USG dan tidak ada penyakit apapun di bagian itu. Tetapi sakit itu tetap berlanjut, dan sangat nyeri, nyeri ini hanya berlangsung 1 hari saja. Pertanyaan saya, apa penanganan saat nyeri itu datang?

    Hai Rana,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Nyeri di hari pertama menstruasi (dysmenorrhea) pada umumnya memang disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya. Penyebabnya adalah karena kontraksi otot rahim saat mengeluarkan luruhan darah menstruasi yang kemudian menghimpit pembuluh darah yang mensuplai rahim dengan oksigen dan nutrisi. Kondisi kekurangan oksigen (hipoksia) kemudian memicu produksi mediator kimiawi bernama prostaglandin secara berlebihan. Hal inilah yang membuat rasa nyeri.

    Dysmenorrhea bisa muncul dengan intensitas yang bervariasi, ada yang ringan, namun tidak jarang pula yang berat hingga menyebabkan penderitanya sulit menjalani aktifitas yang ringan sekalipun.

    Selama pada pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan tidak ditemukan kelainan yang berarti, maka sesungguhnya Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Namun, jika Anda ragu, Anda bisa mengajak ibu Anda mencari second opinion dengan memeriksakan kembali keluhannya ke dokter spesialis kandungan lainnya. Jika perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan USG ulang atau juga pemeriksaan penunjang lainnya, seperti laboratorium, HSG, dan sebagainya. Dikhawatirkan ada penyulit lain yang memicu dysmenorrhea hebat, misalnya endometriosis, fibroid, kista ovarium, penyakit radang panggul, dan sebagainya.

    Sementara itu, untuk mengatasi dan mencegah dysmenorrhea berulang kembali, ibu Anda sebaiknya lakukan beberapa tips berikut:

    • Saat terasa nyeri:
      • Batasi aktifitas yang terlalu berat
      • Kompres perut yang nyeri dengan air hangat
      • Angkat kaki sambil berbaring
      • Tetap tenang dan jangan panik
    • Rajin berolahraga 3-4x seminggu
    • Makan makanan bergizi dan kaya antioksidan

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah