Tanya Dokter

  • Demensia atau pikun

  • Selamat malam dokter.. Apa yang harus sering saya lakukan terhadap nenek saya yang sudah pikun, ketika ia menanyakan sesuatu hal yang sama dan berulang2?? Selain saya harus sabar....

    Hallo Rosa Tri Widiani

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Demensia (pikun) adalah kemunduran kemampuan kognisi seseorang yang sedemikian berat sehingga mengganggu aktivitas hidup sehari-hari dan aktivitas sosial. Kemunduran kognitif pada demensia biasanya diawali dengan kemunduran memori atau daya ingat (pelupa). Demensia terutama yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer berkaitan erat dengan usia lanjut. Penyakit alzheimer ini 60% menyebabkan kepikunan atau demensia dan diperkirakan akan meningkat terus. Intinya memang pada lansia, fungsi otak nantinya akan mulai menurun sehingga menyebabkan terjadi dimensia atau pikun ini. Hal inilah kemungkinan yang menyebabkan nenek anda mengalami kondisi pikun. Penurunan fungsi otak ini memang tidak bisa dicegah, karena merupakan proses alami akibat penuaan yang dialami seseorang, dimana nantinya secara perlahan tingkat dimensia yang terjadi akan semakin berat. Stadium lanjut atau demensia berat ditandai dengan ketidakmandirian total, tidak mengenali lagi anggota keluarga (disorientasi personal), sukar memahami dan menilai peristiwa, tidak mampu menemukan jalan di sekitar rumah sendiri, kesulitan berjalan, mengalami inkontinensia (sulit menahan kemih atau buang air besar), menunjukkan perilaku tidak wajar dimasyarakat, dan pada akhirnya harus bergantung pada kursi roda atau harus berada di tempat tidur. Seperti yang anda jelaskan, yang harus dilakukan keluarga dekat ketika ada anggota keluarga yang mengalami dimensia seperti ini adalah harus bersabar dan memberikan dukungan penuh untuk penderita dimensia. Selain membantu nenek anda mengingat dengan menjelaskan berulang hal yang ditanyakan oleh nenek anda ketika nenek anda lupa, ada hal lain yang juga bisa anda lakukan. Dimulai dengan membuat catatan detail aktivitas sehari- hari, meletakkan barang selalu pada tempatnya, dan memberikan petunjuk penggunaan pada setiap barang. Perlakukan nenek anda sebagaimana ketika nenek anda tidak mengalami masalah kesehatan, maksudnya adalah tetap biarkan nenek anda melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya namun dibawah pengawasan dan berikan bantuan jika diperlukan. Mempertahankan lingkungan yang familiar akan membantu nenek anda tetap memiliki orientasi yang baik terhadap lingkungan sekitar. Letakkan kalender yang besar, cahaya yang terang, jam dinding dengan angka- angka yang besar atau radio juga bisa membantu nenek anda tetap memiliki orientasi yang baik terhadap kondisi sekitar.

    Anda juga bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli kejiwaan mengenai metode yang tepat dalam mendukung penderita dimensia.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino