Tanya Dokter

  • disentri pada balita

  •  Ary Ithuu Omo
    Anggota

    Dok.....bagaimana cara menghentikan disentri yang sudah lebih dari 2 minggu pada anak usia 5 tahun....mohon penjelasannya.

    Hello, Disentri merupakan penyakit infeksi usus yang ditandai dengan buang air besar lebih dari 3 kali sehari dengan kotoran yang disertai dengan lender atau darah. Biasanya selain mencret, terdapat pula gejala muanl, muntah, nyeri perut atau demam. Penyebab dari disentri dapat digolongkan menjadi disentri yang disebabkan oleh amoeba dan disentri yang disebabkan oleh bakteri. Keduanya memiliki cara pengobatan yang berbeda. Untuk mengetahui jenis kuman mana yang menyebabkan disentri dibutuhkan pemeriksaan tinja di laboratorium. Untuk pengobatan, bagi penderita yang mengalami gejala disentri yang ringan, biasanya tidak membutuhkan obat antibiotic. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan disentri di rumah, antara lain:

    1. Kenali tanda-tanda dehidrasi
    2. Minum oralit setiap kali buang air besar
    3. Konsumsi makanan padat jika tidak terdapat tanda-tanda dehidrasi
    4. Konsumsi makanan dalam porsi kecil disesuaikan dengan nafsu makan anak
    5. Istirahat yang cukup
    Segera bawakan anak Anda ke dokter untuk segera diperiska. Konsultasikan dengan dokter yang memeriksa anak Anda mengenai derajat keparahan dan jenis obat yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi dan hasil pemeriksaannya. Berikut adalah laman yang membahas mengenai penyakit disentri secara lebih mendetail: http://www.alodokter.com/disentri/ Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean